PERAIRAN RIAU AMAN… Gelombang Tinggi di Kepri dan Pesisir Barat Sumatera

628 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan gelombang perairan provinsi Riau relatif aman Selasa (25/11) ini. Gejala aman tersebut terlihat dari ketinggian gelombang yang hanya berkisar 0,5 hingga 1 meter di perairan pesisir Riau hari ini. 

BMG Pekanbaru mencatat gelombang sedikit meningkat mencapai 1 hingga 1,5 meter di wilayah perairan Selat Singapura dan Batam provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Ketinggian gelombang meningkat mencapai 1,5 hingga 2 meter di wilayah perairan kepulauan Natuna, Matak dan Tarempa provinsi Kepri.

Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu melalui staf analisa Marzuki mengatakan, ada banyak penyebab terjadinya gelombang tinggi. Sedikitnya ada tiga faktor utama menyebabkan keadaan gelombang saat ini.

Penyebab itu antara lain musim pasang surut air laut, pengaruh grafitasi bumi dan tekanan rendah di Laut China Selatan yang sarat dengan angin kencang dan hujan bulan ini. Sehingga keadaan gelombang di sejumlah perairan pulau Sumatera juga meningkat saat ini.

BMG juga mencatat keadaan gelombang meninggi di sepanjang perairan pesisir Barat Pulau Sumatera. Gelombang mencapai 2 hingga 3 meter terjadi dari pesisir barat provinsi Aceh hingga pesisir Barat provinsi Lampung.(Surya)



Posting Terkait