Pepaya California Diminati Warga Pekanbaru

1747 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Permintaan buah pepaya relatif tinggi di Kota Pekanbaru. Selain dibutuhkan oleh kalangan menengah keatas, pepaya juga banyak dikonsumsi oleh kalangan menengah ke bawah. Pepaya jenis California yang masih sedikit dibudidayakan petani Kota Bertuah ini termasuk jenis yang tinggi peminatnya.

Petani pepaya California di Kota Pekanbaru masih relatif terbatas. Sejumlah petani dengan beberapa hektar lahan ada membudidayakan pepaya yang manis dan berkulit tipis tersebut di daerah Kecamatan Rumbai.

Salah satunya adalah Mas Siswo. Dengan menggarap dua hektar lahan, Siswo mengaku bisa mendapatkan hasil panen pepaya California 5 ton hingga 10 ton dalam sepekan. Hasil panen ini dibutuhkan oleh pasar buah, dan sejumlah pasar swalayan dan pusat perbelanjaan.

Untuk pasar moderen tersebut, Siswo menyisihkan kualitas pepaya yang relatif bagus, baik dari segi tampialn dan kualitasnya. Sedangkan hasil sortiran dilepas untuk pasar umum dan pasar bebas lainnya di Kota Pekanbaru.

Satu kilo pepaya California dipasaran mencapai Rp.4.000 hingga Rp.5.000. Dengan tingginya permintaan, petani pepaya California ini terkadang kehabisan stok. Keadaan itu terjadi akibat belum siapnya sejumlah buah pepaya untuk dipanen.

Siswo dengan berberap petani pepaya lainnya di Rumbai menyatakan mendapat bibit pepaya dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Selain mendapat bibit, Siswo sebelumnya juga belajar cara budidaya pepaya California tersebut.(Surya)

Posting Terkait