Penyerahan Beasiswa Oleh Bupati Bengkalis

804 views

DURI (RiauInfo)– Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh menuturkan, manusia adalah faktor penting untuk mewujudkan kemajuan.  Dan, untuk mewujudkan kemajuan di segala bidang tidak bisa lepas dari sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“Karenanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menjadikan pembangunan sektor pendidikan sebagai proritas dan menjadi salah satu dari jaminan yang diberikan kepada masyarakat. Sebab, Pendidikan merupakan salah satu sektor terpenting dalam meningkatkan pembangunan tersebut, khususnya dalam meningkatkan kualitas SDM di daerah ini”, kata Herliyan.

Dihadapan ratusan mahasiswa, Herliyan menjelaskan hal itu pada acara pemberian beasiswa untuk mahasiswa di Ballroom Surya Hotel, Selasa (24/12/2012) malam lalu.

Dikatakannya, berbagai bentuk upaya telah dilakukan Pemkab Bengkalis mempercepat keberhasilan peningkatan kualitas SDM di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini. Diantaranya melalui pemberian beasiswa kepada mahasiswa.

Diuraikan Herliyan, sejak beberapa tahun ada empat jenis beasiswa yang diberikan Pemkab Bengkalis. Keempat jenis beasiswa dimaksud adalah beasiswa anak tempatan, mahasiswa berprestasi, mahasiswa dari Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan beasiswa khusus.

Beasiswa anak tempatan, katanya, adalah bantuan biaya pendidikan yang khusus diperuntukkan bagi mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi (PT) yang ada di daerah ini. Penerimanya mahasiswa dari keluarga kurang mampu. “Seperti anak petani, buruh, nelayan dan pekerja tidak tetap”, ujarnya.

Beasiswa jenis kedua dan ketiga adalah untuk mahasiwa yang berasal dari KAT dan mahasiswa berprestasi. Beasiswa jenis ketiga adalah bantuan pendidikan untuk mahasiswa yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik.

Sedangkan yang terakhir adalah beasiswa khusus. Kata Herliyan, beasiswa khusus ini adalah bantuan pendidikan yang diberikan kepada 10 siswa lulusan terbaik dari SMA sederajat yang ada di daerah ini setiap tahunnya yang melanjutkan keperguruan  tinggi.

Pada tahun 2014, alokasi dana yang disediakan Pemkab Bengkalis untuk beasiswa anak tempatan, sebesar Rp. 3.126.000.000. Beasiswa ini diberikan bagi 561 mahasiswa yang menempuh pendidikan di lima perguruan tinggi (PT) lokal di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Kelima PT tempatan tersebut adalah Politeknik Negeri Bengkalis, STAIN Bengkalis, STIE Syari’ah Bengkalis, STAI Hubulwathan Duri dan AMIK Mitra Gama Duri.

Insya Allah, pada tahun 2015,  jumlah penerima beasiswa anak tempat dan KAT ini akan ditingkatkan sekitar dua kali lipat. Minimal menjadi 1.000 orang”, jelas Herliyan

Sedangkan beasiswa bagi  KAK dan mahasiswa berprestasi di bidang akademik dan non akademik sebesar Rp. 1.152.000.000. Kedua beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa asal Kabupaten Bengkalis yang kuliah di berbagai perguruan tinggi.

“Baik yang kuliah di dalam maupun di luar Provinsi Riau. Tahun 2014 ini penerimannya 76 orang”, jelas Herliyan, seperti dikutip Kepala Bagian Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri.

Posting Terkait