Penutupan Pelatihan Mekanik Sepeda Motor Bagi Remaja Minas dan Kandis

580 views

news11421PEKANBARU (RiauInfo) – Pelatihan mekanik sepeda motor bagi 18 remaja putus sekolah Minas dan Kandis kerja sama PT Chevron Pacific Indonesia dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Minas telah selesai dilaksanakan hari ini. Hadir pada penutupan pelatihan Pjs Manager Government Relations/Community Engagement Specific Area Teguh Soelastyo, Direktur Politeknik Caltex Riau R. Awan Setiawan, Sekcam Minas Afrizal serta Ketua KNPI Minas Dany Chandra.

Para peserta dari Kecamatan Minas dan Kandis ini telah mendapatkan pelatihan selama 34 hari di kampus tertib lalu lintas dan ramah lingkungan Politeknik Caltex Riau (PCR) dengan materi 60% praktik dan dibimbing oleh instruktur profesional dari PCR. Selama pelatihan ini para peserta mendapatkan fasilitas menginap di asrama PCR, konsumsi, peralatan praktik, seragam, dan sepatu.

’’Pelatihan ini tidak hanya menekankan pada hard skill, tapi juga soft skill. Sebab, dalam dunia usaha maupun dunia kerja, faktor moral juga akan menentukan kesuksesan kita di masa mendatang,“ ucap Teguh Soelastyo dalam sambutannya.

“Dengan skill yang diperoleh dari pelatihan ini, Adik-adik sekalian harus menjadi wirausahawan yang penuh semangat dan pantang menyerah. Adik-adik harus bisa memberikan manfaat, tidak hanya bagi sendiri tapi juga bagi warga sekitar tempat Anda tinggal. Terima kasih CPI, PCR, KNPI, dan pihak-pihak lain yang membantu terselenggaranya kegiatan ini,’’ ungkap Sekcam Minas Afrizal.

“Pelatihan ini menambah pengetahuan dan kemampuan saya tentang mekanik sepeda motor. Sekarang saya sudah bisa melakukan bongkar pasang mesin,’’ ujar Ronald Reagan, 21 tahun, salah seorang peserta pelatihan yang mendapatkan predikat terbaik.

’’Saya ingin buka usaha bengkel sendiri,’’ ujar remaja asal Kecamatan Kandis ini. Soal modal usaha, lulusan SMK ini mengaku akan berkongsi dengan salah seorang temannya dari Medan.

Pelatihan mekanik sepeda motor ini merupakan salah satu program pengembangan masyarakat di sekitar daerah operasi CPI, terutama di bidang pemberdayaan ekonomi. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan para peserta dapat membuka lapangan kerja sendiri dengan membentuk kelompok kerja.

Setiap tahun, CPI mengadakan pelatihan keterampilan bagi remaja putus sekolah di sekitar daerah operasinya. Contohnya adalah pelatihan mengemudi, mengelas, service handphone, rias pengantin, bengkel mobil dan lain-lain.

Bulan depan, CPI akan mengadakan pelatihan menjahit bagi ibu-ibu rumah tangga Minas bekerja sama dengan KNPI juga dan akan dilaksanakan di Gedung Pertemuan Kecamatan Minas.(ad)

Posting Terkait