Pentingnya Penyuluhan Kesehatan Kaum Ibu

696 views
Pentingnya Penyuluhan Kesehatan Kaum Ibu

Pentingnya Penyuluhan Kesehatan Kaum Ibu

PEKANBARU (RiauInfo) – Ketua Umum BK3S Propinsi Riau Dra Hj Septina Primawati Rusli, MM menyatakan, kegiatan penyuluhan kesehatan tentang kanker serviks bagi ibu dan remaja sangatlah puteri penting. Untuk itu, dirinya sengaja mengundang Dokter Ahli Bedah Kanker dari RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru Dr Syamsul Bahri untuk memberikan materi pada acara Penyuluhan Kesehatan dan Ceramah Agama di Mesjid Mukhlisin, Kecamatan Sail, Jumat (16/04/10).

“Kami merasa perlu melakukan penyuluhan ini karena saat ini cukup banyak surat yang masuk ke BK3S Propinsi Riau yang meminta biaya pengobatan untuk penyakit kanker serviks. Untuk itu, dengan diadakannya penyuluhan ini kami berharap ibu-ibu dan remaja puteri dapat memperoleh pengetahuan tentang ini, sehingga nantinya dapat meningkatkan kesadarannya untuk mengantisipasi sejak dini,”
ungkap Septina.

Menurut Septina, berdasarkan informasi yang diperoleh dari RSUD dan rumah sakit lainnya di
Pekanbaru, rata-rata pasien yang mengidap kanker serviks datang berobat dalam
kondisi yang sudah stadium lanjut. Sehingga hal ini sulit diatasi dan disembuhkan. Menurut Septina, ini berarti kesadaran masyarakat, khususnya kaum perempuan masih rendah, untuk melakukan antisipasi sejak awal.

Kesadaran timbul karena adanya pengetahuan yang cukup tentang itu, jika tidak ada pengetahuan maka kesadaran akan lambat tumbuh. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran itulah BK3S Propinsi Riau yang dipimpin oleh Septina melakukan kegiatan Penyuluhan Kesehatan Tentang Kanker Serviks tersebut.

Usai memberikan sambutan, Septina lantas menyerahkan cindera mata secara simbolis kepada pengurus Mesjid Mukhlisin berupa buku-buku tentang kesehatan. Setelah itu, Septina juga memperkenalkan
rombongan yang turut hadir mendampinginya diantara, Pengurus BKMT Propinsi Yunita Agusri, pengurus Tim Penggerak PKK Propinsi Riau serta Al-Ustad Yurnalis, S.Ag . (ril/hms)

Posting Terkait