Penipu Kuno Ala Seluler Balik Ditipu Korban

647 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Penipu berkedok hadiah dari operator seluler melalui Hand Phone dan nomer rekening bank masih saja menjalankan aksinya. Namun korban mengetahui aksi ini dan berbalik menipu pelaku.

Asrizal tersentak saat menerima SMS dari sebuah nomor HP berseri Jakarta. Isi SMS menyatakan Asrizal memenangkan hadiah kuis SMS dari operator seluler Telkomsel serial nomer 777 senilai Rp.15 juta. Setelah diteliti, pesan tersebut bukan dari operator seluler, tapi dari sebuah nomer biasa.

Pelaku mencoba menghubungi korban secara lansung melalui HP dan bebicara langsung dengan Asrizal. Dengan berlagak bodoh dan serius serta meyakinkan, Asrizal berbicara kepada pelaku bahwa dia sangat tertarik dengan pengambilan dana yang dimenangkannya.

Pelaku pun menanyakan nomer rekening korban dan meyakinkan bahwa uangnya akan dikirim melalui transfer via rekening ATM. Korban pun menuruti permintaan pelaku yang menyuruh segera ke ATM terdekat. Asrizal pun pergi ke ATM dan mengikuti langkah digital ATM yang dikomando pelaku.

Setelah 30 menit lebih korban menerima telepon dari pelaku, dan menekan tombol ATM yang diinstruksikan, namun dana yang diminta tidak kunjung masuk. Malah instruksi tersebut menyuruh korban menstransfer sejumlah uang dengan angka unik 04.9999.999 dimana sebelumnya korban juga disuruh menekan beberapa angka lain.

Setelah satu jam percakapan yang tidak terputus semenjak dari rumahnya, Asrizal menuruti saja keinginan suara pelaku tersebut. Namun Asrizal hanya tersenyum, karena dirinya mengetahui aksi ini sebagai penipuan.

“Saya sengaja pergi ke ATM dan menuruti permintaan pelaku. Padahal rekening ATM saya kosong tidak ada isi sama sekali. Tapi dalam percakapan, saya menjawab bahwa saldo ATM saya berjumlah 32 juta 500 ribu rupiah. Dia pun bersemangat memerintah saya mencoba lagi transfer uang. Namun saya beri alasan ATM macet dan banyak yang antri. Hingga kini dia masih sering menelpon saya dan saya tetap layani biar dia ditipu dengan pulsanya bengkak,”terang Asrizal sembari tertawa.(Surya)

 

Posting Terkait