Pengoperasian Roro Dumai-Malaka Masih Tertunda

PEKANBARU (RiauInfo) – Pengoperasian pelabuhan Rol on Rol Off (Roro) Dumai-Malaka tertunda lagi dari jadwalnya. Hal ini disebabkan pelabuhan roro di Kuala Linggi, Malaysia masih dalam tahap pengerjaan, sehingga kemungkinan baru bisa diperasikan tahun 2010 mendatang.

“Sampai saat ini Malaysia masih belum menyelesaikan pelabuhan Kuala Linggi, sehinga pengopeasian pelabuhan Roro Dumai-Malaka terpaksa ditunda sampai tahun 2010 mendatang,” ungkap Kepala Badan Penrencanaan Pembangunan Daerah Riau, Emrizal Pakis di Pekanbaru.

Dia menyebutkan, sebenarnya pelabuhan Kuala Linggi itu sudah bisa dilabuhi oleh kapal Roro. Namun dikhawatirkan badan kapal akan kandas karena persiapan pelabuhan belum sesuai dengan Standar Operasional seperti yang telah dimiliki Pelabuhan Dumai.

Hal ini disebabkan adanya salah perkiraan dari pihak Malaysia bahwa kapal roro yang dioperasikan itu berukuran kecil. Jadi begitu diberitahukan bahwa kapal yang akan dioperasi itu berukuran besar, pihak Malaysia langsung mentakan pelabuhannya tidak bisa disinggahi kapal ukuran besar.

Dalam waktu dekat ini Pemprov Riau akan mengelar pertemuan dengan pihak Malaysia untuk membicarakan lebih lanjut pengoperasian kapal Roro Dumai-Malaka ini. “Kita memang berharap kapal Roro itu akan secepatnya dapat dioperasikan,” tambahnya.(ad)

Rizki: