Penghasilan Tukang Parkir Lebih Besar dari Tukang Bangunan

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski pekerjaannya mudah dan tak perlu memutar otak, ternyata penghasilan tukang parkir jauh lebih besar ketimbang tukang bangunan. Dengan dinaikkan tarif parkir dua kali lipat beberapa waktu lalu, pendapatan tukan parkir makin meningkat pula.

Berdasarkan informasi yang diperoleh RiauInfo di lapangan menyebutkan, penghasilan tukang bangunan saat ini berkisat antara Rp50 ribu hingga Rp 75 ribu sehari. Namun salah seorang tukang parkir di Jalan Sudirman Pekanbaru bisa lebih Rp100 ribu per hari.

“Berdasarkan pengamatan saya, penghasilan tukang parkir di Pekanbaru jauh lebih besar ketimbang tukang bangunan. Padahal pekerjaannya sangat mudah, tidak perlu mengeluarkan tenaga dan pikiran,” ungkap Bustari, salah seorang warga, Kamis (14/1) di Pekanbaru.

Dia mengatakan, jika Pemko Pekanbaru ingin meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan lebih baik jika sektor pajak ini digarap secara serius. Selama ini hasil dari parkir lebih banyak mengalir ke tukang parkir dan koordinatornya ketimbang ke kas daerah.

Menurut dia, seandainya Pemko Pekanbaru membenahi sektor parkir ini, pasti hasilnya sangat besar. “Pemko tak perlu lagi menerapkan pajak terhadap nasi bungkus yang selama ini ditentang banyak orang, cukup hanya membenahi sektor parkir saja,” tambahnya.(ad)

Rizki: