Penghapusan BPDE Bakal Sangat Disesalkan

654 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Adanya rencana Pemprov Riau untuk menghapus Badan Pengolahan Data Elektronik (BPDE) dalam SOT di lingkungan Pemprov Riau mendatang mulai membuat gelisah pegawai di badan ini. Sebab dengan dihapusnya BPDE, tentunya akan berdampak besar kepada para pegawai yang ada di badan ini.

Namun Kepala BPDE Riau Drs Said Kamaluddin HZ merasa yakin penghapusan tersebut masih sebuah wacana. “Rasanya tidak mungkin BDPE dihapus, mengingat keberadaan instansi ini sangat penting, terutama dalam memajukan bidang teknologi informasi (IT) di Riau,” jelasnya.

Menurut dia, saat ini bidang IT di Riau masih sangat jauh tertinggal dibandingkan daerah lain. Contohnya saja, infrastruktur IT saat ini hanya ada di kota-kota saja, sehingga yang bisa menikmatinya hanya terbatas orang kota saja. “Sedangkan masyarakat yang tidak tinggal di kota awam terhadap IT,” jelasnya.

Padahal menurut dia, saat ini It bisa menjadi parameter dari kemajuan suatu daerah. “Kalau daerah itu tertinggal di bidang IT, maka sama halnya daerah itu mengalami ketertinggalan. Makanya sudah sepantasnya jika Riau lebih perhatian terhadap bidang IT,” jelasnya.

Untuk itu, BPDE yang merupakan satu-satunya badan yang bertanggungjawab terhadap pengembangan IT tentunya perlu dipertahankan. Keberadaan badan ini sangat diperlukan di Riau guna lebih mengembangkan bidang IT di Riau agar daerah ini bisa selangkah lebih maju lagi.

Disebutkannya, untuk saat ini bidang IT tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan masyarakat. Sebab melalui IT masyarakat bisa meningkatkan cakrawala, pendidikan dan pengetahuan. “Melalui IT masyarakat tidak lagi hidup seperti katak dalam tempurung yang tidak tahu dunia luar,” jelasnya.

Makanya dia yakin, BPDE yang sampai saat ini sudah banyak berbuat banyak daam mengembangkan bidang IT di Riau ini akan tetap dipertahanakan demi kemajuan Riau di masa mendatang. “Bagaimanapun program-program pengembangan infrastruktur yang saat ini sedang berjalan, harus terus dilaksanakan,” tambah dia lagi.

Sebagaimana diketahui, BPDE pada tahun anggaran 2006-2007 lalu telah membangun infratruktur IT berupa V-SAT di Kabupaten Rokanhilir dan Inhil. Sebelumnya indrastruktur yang sama juga dibangun di tingkat provinsi. “Rencananya anggaran menatang kita akan membangunnya lagi di Dumai dan Siak,” jelasnya.(Ad)

Posting Terkait