PENGARUH KRISIS GLOBAL Pembeli di Pasar Bawah Pekanbaru Mulai Berkurang

739 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Krisis global ternyatab cukup berpengaruh terhadap kegiatan jual beli di Pasar Bawah Pekanbaru. Sejak krisis global terjadi, kegiatan jual beli di pasar wisata yang cukup tersohor di Indonesia ini mengalami penurunan cukup drastis. 

Beberapa pedagang yang ditemui RiauInfo, Senin (24/11) mengaku penurunan jual beli barang dagangan di Pasar Bawah ini. Penurunannya cukup drastis mencapai 40 persen. “Ini disebabkan pengunjung sudah mulai berkurang akhir-akhir ini,” ungkap Wiswal, salah seorang pedagang.

Dia mengatakan bila dulunya dia berhasil mendapatkan omset Rp 3 juta sehari, sekarang menurun tajam hanya sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. “Kondisinya sudah tidak seramai dulu. Ini terjadi sejak adanya krisis global,” ungkapnya.

Dia mengatakan, krisis global yang melanda dunia menyebabkan barang-barang yang diperdagangkannya mengalami kenaikan harga. “Ya gimana harganya tidak naik, sebab kami membelinya di Singapura dan Malaysia. Makanya wajar kalau harganya jadi naik,” jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Ny Fauziah keramik. Dia mengatakan saat ini jual beli sudah mulai sepi. Untuk mendapatkan omset Rp 800 ribu sehari saja sudah sulit. Padahal dulu omsetnya bisa mencapai Rp 2 juta sehari. “Saat ini sudah susah, penjualan sangat menurun,” tambahnya lagi.(Ad)

 

Posting Terkait