Pendidikan Kebencanaan Melalui Panggung Boneka

512 views
news9504PEKANBARU (RiauInfo) – Bekerjasama dengan Trocaire, KOGAMI sebagai salah satu NGO Lokal yang bergerak di bidang kebencanaan melaksanakan Program Inisiasi Pembentukan Lembaga dan Media dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana dalam bentuk Pendidikan Kebencanaan Melalui Panggung Boneka.

Kegiatan Panggung Boneka yang dilaksanakan selama bulan Mei 2009 ini merupakan program pendidikan dasar kebencanaan yang sebelumnya dicetuskan oleh IDEP-No String Pada Tahun 2007.

Bentuk kegiatan yang melibatkan 60 TK dan SD di daerah pilot di kota Padang ini adalah dengan menampilkan cerita-cerita mengenai pengetahuan kebencanaan melalui video, dilanjutkan juga dengan pengarahan materi yang disampaikan oleh fasilitator melalui media boneka, serta dilakukan juga pengumpulan dokumentasi serta testimony (gambar dan video) terhadap para siswa pada saat kegiatan ini sudah dilaksanakan di masing-masing sekolah.

Pemilihan boneka sebagai alat peraga dalam edukasi, perlu di ujicobakan karena metoda ini cukup efektif dilihat dari segi keunikan bentuk boneka-boneka tersebut yang dapat menarik perhatian para siswa-siswi. Dengan begitu, pesan-pesan yang disampaikan melalui penokohan yang ditampilkan, akan lebih mudah dipahami. Sehingga pengetahuan siswa-siswi SD dan TK serta kesiapsiagaan terhadap bencana dapat meningkat.

Kegiatan yang difasilitasi oleh 6 orang fasilitator KOGAMI (Dina, Rendy, Ihsan, Reka, Doni dan Rizky) ini mendapat sambuatan baik dari pihak sekolah. Para siswa dan guru bersemangat dan sangat antusias dengan edukasi yang diberikan oleh para fasilitator dan dengan adanya kehadiran Boneka Siaga Bencana “Si Mule dan Bona”.(kiriman Dian Noviani)

Posting Terkait