PENCABUTAN UNDIAN Sepakbola Riau di Grup C dan Futsal di Grup B

637 views
PEKANBARU (RiauInfo) – bertempat di Ballroom Hotel Aryaduta Pekanbaru, Selasa (26/6) malam dilakukan pencabutan undian grup cabang olahraga Sepakbola dan Futsal PON XVIII tahun 2012. Pencabutan dihadiri perwakilan 12 provinsi yang berhasil lolos pada babak kualifikasi sepakbola dan futsal PON XVIII.

Pencabutan undian tersebut langsung disaksikan Ketua Umum PB PON Rusli Zainal diwakili Ketua I PB PON Emrizal Pakis, Deputi Sekjen PSSI Saleh Mukadar dan Wakil ketua I PB PON Riau Ahmad Syah Harrofie. Sedangkan dari KONI Riau terlihat Ketua Harian KONI Riau Yuherman Yusuf, dan beberapa pengurus lain.

Dalam pencabutan undian itu, khusus untuk Riau sebagai tuan rumah, Jawa Timur sebagai Juara I Sepakbola PON XVII, dan Papua sebagai runner up, ditempatkan pada grup yang terpisah. Saat undian dicabut, Riau berada pada Grup B bersama tiga provinsi lainnya, yakni Sumatera Barat, Kalimantan Selatan dan Jawa Tengah.

Sedangkan Jawa Timur berada di Grup B bersama provinsi Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Gorontalo. Kemudian Papua yang pada PON XVII Kaltim sebagai runner Up berada di grup A bersama provinsi Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara, dan Jambi.

Setiap grup berlaga di kota yang berbeda. Untuk tim sepakbola yang berada di Grup A akan bertanding di Rengat (Kabupaten Indragiri Hulu), sedangkan untuk Grup B akan berlaga di Stadion Sepakbola Taluk Kuantan (Kabupaten Kuantan sengingi), dan Grup C akan berlaga di Stadion Tuanku Tambusai Bangkinang (Kabupaten Kampar).

Sedangkan untuk cabang olahraga futsal, Riau menempati Grup B bersama Sumatera Utara, Kalimantan selatan dan Jawa barat. Sementara itu Papua berada di Grup A bersama Jawa Tengah, Gorontalo, dan Sumatera. Sedangkan di Grup C ditempati Nusata tenggara Timur, DKI Jakarta, Sulawesi selatan dan Sumatera Barat.

Khusus untuk cabang olahraga futsal ini, seluruh grupnya akan bertanding di Tembilahan (Kabupaten Indragiri Hilir). Jarak antara Pekanbaru- Tembilahan sekitar 8 jam perjalanan darat. Namun saat ini bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat udara.

Sebelum pencabutan undian, Ketua I PB PON Riau, Emrizal Pakis dalam kata sambutannya berharap, suasana keakraban saat pencabutan undian ini hendaknya dapat terus terbawa pada saat pertandingan nanti, sehingga baik pertandingan sepakbola maupun futsal akan berjalan lancar dan menunjung sportivitas yang tinggi.

Dia juga berharap, berkat PON ini nantinya prestasi persepakbolaan Indonesia bisa terus ditingkatkan, sehingga nantinya sejajar dengan negara-negara di dunia yang persepekbolaannya sudah lebih dahulu maju. “Kita tentunya sangat berharap dunia persepakbolaan Indonesia bisa terus maju,” tambahnya lagi.(zas)

Posting Terkait