Pemprov Riau Siap Cairkan Dana Pilgubri Tahap I

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemerintah Provinsi Riau siap mencairkan dana hibah tahap pertama sebesar Rp70 miliar kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebagai dana penyelenggara tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, 2013 ini.


“Syarat yang mereka ajukan ke kita sudah lengkap, tinggal Surat Perintah Mencairkan (SPM) dari pak Sekda (Wan Syamsir Yus) saja. Kemungkinan dalam Minggu ini sudah bisa cair,” ujar Kepala Biro Kuangan Setdaprov Riau, Hardy Jamaluddin di kantor Gubernur Riau.

Dijelaskannya, pencairan dana hibah ini nantinya akan dilakukan tiga tahap, yakni untuk tahap pertama akan dicairkan sebesar Rp70 miliar, yang nantinya akan digunakan untuk memulai tahapan Pilgubri Maret mendatang.

“Proses pencariannya tidak bisa sekaligus, tetapi melalui tiga tahap. Untuk tahap awal kita berikan Rp70 miliar, sedangkan sisanya sesuai tahapan Pilgubri itu sendiri, misalnya tambahan dana untuk dua putaran, tidak mesti dicairkan, karena belum tentu juga Pilgubri ini dua putaran,” terangnya.

Ditambahkan Hardy, alokasi dana Pilgubri sendiri mencapai Rp250 miliar.” KPU mengusulkan sekitar Rp280 miliar, tetapi sesuai pagu kita terima usulannya Rp250 miliar untuk pembiayaan Pilgubri dua putaran,” tandasnya. (hr)

Rizki: