Pemprov Riau Nyatakan Komit Tanggulangi Karhutla

558 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemprov Riau menyatakan komitmennya dalam menanggulangi serta mencegah kebakaran hutan dan lahan di Riau. Hal ini menanggapi citra Riau di Indonesia telah menjadi isu sebagai produsen asap hasil kebakaran hutan dan lahan.

Menurut Rusli, pemprov saat ini mewujudkan komitmen ini melalui pertemuan dan kesepakatan bersama antara pemprov Riau dan 80 perusahaan dengan 3 menteri. Seperti menteri Likungan Hidup, menteri Pertanian serta menteri Kehutanan menyeru 80 perusahaan ini agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah kerja yang mereka miliki.

Gubernur Riau Rusli Zainal menyakatan hal tersebut di depan peserta Workshop Manajemen Lahan Gambut dalam Rangka Mencegah Karhutla yang berlangsung Rabu (7/05) di Pekanbaru. Dalam sambutannya, Rusli menambahkan, workshop ini diharap akan memberikan kontribusi bagi suatu keputusan untuk menanggulangi karhutla di Riau.

Dalam sesi workshop terungkap provinsi Riau sebagai provinsi yang punya lahan gambut terluas di Sumatera. Lahan gambut Riau mencapai 4.044 juta hektar dimana 56,1% dari total luas provinsinya sendiri.

“Lahan gambut yang dimilki Riau seluas ini akan menyimpan karbon sekitar 14.600-an juta ton karbon yang tersebar di seluruh wilayah Riau,”ungkap Emil Salim sebagai Staf Ahli Presiden bidang Lingkungan Hidup dalam sesi workshop tersebut.(Surya)

 

Posting Terkait