Pemprov Riau Mengaku Telah Terima Pertanggungjawaban Penggunaannya

639 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pihak Pemprov Riau ternyata telah menerima pertanggungjawaban penggunaan dana organisasi (ormas) yang dianggarkan tahun lalu. Hal itu dikatakan Sekdaprov Riau HR Mambang Mit terkait dengan munculnya ribut-ribut mempermasalahkan dana ormas tersebut.

Untuk diketahui, sana ormas saat ini diributkan sejumlah kalangan termasuk dari anggota dewan sendiri. Sejumlah organisasi non pemerintah (ornop) di Riau yang merasa sejumlah anggota dewan mencatut nama mereka juga mempertanyakan masalah ini, apalagi ada beberapa kaitan dalam pengesahan APBD Riau 2007 lalu.

Mambang Mit menjelaskan dari proses awal pengajuan dana ormas, sudah ada mekanismenya. Dana ormas bisa diberikan melalui sebuah proposal yang diproses melalui tahapan hingga pencairannya sesuai jumlah yang disetujui. Saat pencairan, telah ada lembaran yang harus diisi penerima.

Disebutkannya bahwa dana ormas untuk tahun 2007 berjumlah sekitar Rp200 miliar lebih. Jumlahnya lebih banyak dari tahun sebelumnya. Dana ormas dianggarkan dalam APBD untuk mengakomodir berbagai keperluan masyarakat dan aspirasi dari masyarakat dalam pembangunan di bidang sumber daya manusia. Aspirasi itu ada yang termasuk dirangkum pihak legislatif dan juga eksekutif.

Dia mengatakan, pihaknya cukup selektif dalam menerima proposal yang masuk untuk dicairkan dalam bentuk dana ormas ini. Dikatakannya bahwa pengajuan proposal untuk dana ormas memang dilakukan melalui Sekretariat Pemprov Riau.

Dijelaskannya, ada sekitar 500 item dalam dana ormas ini yang akhirnya diakomodir tidak sampai 50 persennya saja. Diakui hal itu adalah merupakan kebutuhan masyarakat namun tidak semuanya bisa diakomodir. Hal ini harus disesuaikan dengan konstrens atau keterbataan kemampuan keuangan.(Ad)

 

Posting Terkait