Pemprov Riau Jajaki Penggunaan Listrik Tenaga Angin

652 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ketidakberdayaan PLN Riau dalam mengatasi krisis listrik di daerah ini membuat Pemprov Riau berusaha mencari terobosan dalam memenuhi kebutuhan listrik untuk masyarakat. Salah satunya dengan merencanakan penggunaan pembangkit listrik tenaga angin.

Untuk itu kini sedang dijajaki kerjasama dengan PT Solarin (Malaysia) dan sebuah perusahaan dari Abu Dabi untuk membangun pembangkit listrik tenaga angin tersebut. Diharapkan dengan adanya pembangkit listrik tenaga angin ini, krisis listrik di Riau bisa sedikit teratasi.

Kabid Ketenagalistrikan dan Energi Dinas Pertambangan dan Energi9 Riau Ir Abdi H mengatakan, pembangkit listrik tenaga angin ini akan diperuntukan buat masyarakat yang tinggal di daerah pesisir, seperti masyarakat di Pulau Rupat, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Meranti dan Indragiri Hilir.

Menurut Abdi, pembangunan pembangkit listrik ini sudah memasuki tahap negosiasi dengan PT Solarin dan perusahaan dari Abu Dabi itu. “Kita berharap rencana ini berjalan lancar, sehingga kebutuhan listrik masyarakat bisa segera terpenuhi,” tambahnya.

Selain itu, Pemprov Riau saat ini sedang mengupayakan pembangunan pembangkit listrik dengan memanfaatkan potensi daerah di Meranti yakni gas buangan dari proses pengeboran minyak dan gas alam. Untuk itu sudah ada sebuah investor yakni PT Teknologi Energi Terpadu yang akan membangunnya.(ad)

 

Posting Terkait