Pemprov Riau Ikut Keinginan Demokrasi

567 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Perjuangan Otonomi Khusus (Otsus) Riau kian menapak titik jelas. Baru sepekan Naskah Akademik disahkan oleh DPRD Riau, kini naskah ini akan dirangkum menjadi Rancangan UU Otsus Riau. “Pemprov Riau menyatakan ikut serta dalam perjuangan ini,”ujar Maimanah Umar yang menjabat Ketua Umum Fornas Otsus.

Hal senada juga diutarakan oleh Sarwan Hamid yang dipercaya saat ini sebagai Ketua Dewan Pembina Fornas Otsus Riau. Menurut Sarwan, tim Fornas Riau, Kamis (20/03) ini telah menemui pemprov Riau yakni gubernur Rusli Zainal. Dalam pertemuan non formal tersebut, gubernur menyatakan dukungannya terhadap pencapaian Otsus bagi Riau.

Dalam pertemuan tersebut, menurut Sarwan, gubernur Riau menyatakan perjuangan Otsus merupakan perjuangan seluruh rakyat Riau. Oleh karenanya, sebagai pemimpin Bumi Melayu ini, gubernur tentunya tidak akan menentang keinginan rakyat yang berada dalam era keterbukaan demokrasi seperti saat ini.

“Pada dasarnya, gubernur menyatakan dukungan dalam arti yang sesungguhnya. Bukan sekedar pernyataan saja,”tegas Sarwan. Selain menyaring respon dari pemprov Riau, Tim Fornas Otsus juga menyampaikan niatnya akan menggelar Syukuran dalam format yang lengkap. Artinya syukuran untuk perjuangan Otsus ini akan dihadiri oleh segenap masyarakat Riau yang dihadiri oleh berbagai unsur.

“Tujuannya agar kita lebih menyadari dan paham akan kebutuhan Riau menjadi provinsi berpredikat Otsus. Artinya, keberhasilan Otsus bagi Riau tergantung kesungguhan masyarakat Riau itu sendiri untuk memperjuangkan cita-citanya dalam mewujudkan Otsus,”terang Sarwan Hamid.(Surya)

Posting Terkait