Pemprov Berharap Pempus Bantu Hujan Buatan

596 views

PEKANBARU (RiauInfo): Menyadari semakin luasnya lahan atau hutan yang terbakar sehingga menyulitkan upaya memadamkan kebakaran, Pemprov Riau berharap adanya bantuan dari pemerintah pusat untuk membuat hujan buatan guna memadamkan api. 

Harapan itu disampai Gubernur Riau HM Rusli Zainal di Pekanbaru terkait semakin sulitnya dalam menghadapi kebakaran lahan dan hutan yang kini sudah menjalar di enam kabupaten/kota di Riau. Padahal berbagai upaya telah dilakukan untuk memadamkan api.

Dikatakannya, Pemprov Riau secara resmi telah memberikan laporan kepada pemerintah pusat tentang bencana kebakaran tersebut. Dalam laporkan itu juga disebutkan luas lahan yang telah terbakar dan upaya-upaya yang dilakukan untuk memadamkan api.

Laporan itu disampaikan kepada lima menteri masing-masing Menko Polkam, menko Kesra, Menteri Kehutanan, Menteri Pertanian dan Mendagri. Selain kepada kelima menteri, laporan itu juga ditembuskan ke Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Mengingat sulitnya memadamkan api, dalam kesempatan ini Pemprov Riau berharap pemerintah segera memberikan bantuan berupa hujan buatan secepatnya. “Sebab hanya melalui hujan buatan kebakaran hutan dan lahan itu bisa diatasi,” jelasnya.(ad)

Posting Terkait