Pemko Pekanbaru Akan Kedatangan 20 Unit Bis Kota

559 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kota Pekanbaru akan kehadiran 20 unit armada bis kota dalam tahun ini. Departemen perhubungan (Dephub) telah mengagendakan 20 unit armada bis kota tersebut dengan Pemko Pekanbaru. Hal ini terkait dengan pembatasan kendaraan pribadi untuk tingkat perkotaan di Indonesia, termasuk kota Pekanbaru. 

Iskandar Abubakar yang menjabat Dirjen Perhubungan Darat Dephub mengatakan, realisasi operasional bis tersebut setidaknya akan berlangsung pada 2009 mendatang.

“Kita telah koordinasi dengan Pemkot Pekanbaru soal ini. Dalam tahun 2008 ini akan ada 20 unit bis kota untuk kota Pekanbaru. Setidaknya pada 2009 akan bisa beroperasi nantinya,”ungkap Iskandar kepada RiauInfo, Selasa (5/08) di Pekanbaru.

Departemen Perhubungan melakukan penyuluhan atas Dampak Transportasi Perkotaan tahun ini di berbagai kota, teramasuk di Pekanbaru hari ini. Menurut Iskandar, sosialisasi Dephub untuk masalah transportasi darat di perkotaan ini bertujuan agar adanya keberpihakkan terhadap kendaraan umum. Hal ini terkait dengan hemat energi dan kapasitas kepadatan kendaraan di wilayah perkotaan.

“Menuju penyelenggaraan transportasi perkotaan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan perlu mensosialisasikan keberpihakkan terhadap kendaraan umum dan membatasi penggunaan kendaraan pribadi oleh warga,”ujar Iskandar.(Surya)

Posting Terkait