Pemkab Bengkalis Siap Menjadi Fasilitator Usahawan

747 views

JOHOR BAHRU (RiauInfo) – Mengingat lokasi Kabupaten Bengkalis yang sangat dekat dengan Malaysia, menjadikan Kabupaten Bengkalis sebagai salah satu tujuan usahawan Malaysia untuk menanamkan modalnya serta melakukan kerjasama dengan usahawan Kabupaten Bengkalis.

Hal ini dibahas oleh kedua belah pihak dalam Pertemuan Persidangan Ke-6 JKK/KK Sosek Malindo Peringkat Negeri Johor/Melaka – Tingkat Daerah Riau di Balai Pertemuan Hotel Hyatt Johor Bahru, Selasa (23/10) lalu.

Tim Delegasi Provinsi Riau diketuai oleh Kadis Perindag Drs H Ruslaini Rahman Msi hadir bersama Kepala Badan, Dinas dan instansi terkait. Untuk Pemkab Bengkalis diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Bagus Santoso SAg MP, Asisten Administrasi Pembangunan Drs H Zakaria Yusuf Msi, Kepala Bawasda Drs H Eldy Ramli MP, Kadis Perindag H Andry Sukarmen SE MP, Kabid Ekonomi Bappeda H Huzaini SE Msi, Kabid Perdagangan Disperindag M Genta Soerianto SH MH, Kabag Perekonomian Yunizar Utama Bakti SE, Camat Bantan Eri Kusuma Pribadi S Sos MT, Camat Rupat Utara Radius Akima S Sos MT dan Kepala Seksi Perdagangan Luar Negeri Disperindag.

Berdasarkan keterangan Kabag Humas Setdakab Bengkalis melalui Staf Pemberitaan dan Pengumpulan Informasi Yeni Mayasari yang turut hadir dalam persidangan tersebut mengatakan bahwa dalam pertemuan yang dibuka secara resmi oleh Setiausaha Kerajaan Negeri Johor Dato’ Haji Abdul Latiff tersebut membahas tiga bidang kerjasama diantaranya bidang ekonomi dan perdagangan, sosial dan kebudayaan serta bidang perhubungan dan keselamatan. Nantinya Pemkab Bengkalis akan langsung mempertemukan para usahawan di Kabupaten Bengkalis dengan usahawan Malaysia, sehingga kerjasama yang telah disetujui dapat langsung dilaksanakan.

Asisten Administrasi Pembangunan Setdakab Bengkalis H Zakaria Yusuf mengatakan bahwa dalam bidang ekonomi dan perdagangan, ada tiga kerjasama yang akan ditawarkan kepada para usahawan Malaysia. “ Untuk pertanian, Kabupaten Bengkalis bersedia memberikan fasilitas pembangunan industri hulu dan hilir untuk industri sagu terpadu di Kecamatan Tebing Tinggi, kelapa terpadu di Bantan dan Rangsang serta industri turunan CPO di Mandau dan Pinggir,” jelas Zakaria seraya menambahkan bahwa untuk peternakan, Pemkab Bengkalis bersedia memberikan fasilitas pengembangan peternakan kambing di Bantan, dan untuk perikanan ada tambak udang di Bengkalis.

“ Tidak hanya itu, pemerintah Kabupaten Bengkalis juga memberikan kemudahan investasi kepada usahawan Johor/Melaka dengan memberikan insentif investasi seperti kemudahan pelayanan perizinan, jaminan keamanan serta memberikan fasilitasi terhadap penyiapan lokasi usaha bagi investor,” tambahnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Bagus Santoso menyambut baik kerjasama yang dilakukan Pemkab Bengkalis dengan Tim Sosek Malindo dan usahawan Malaysia. “ Pertemuan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bengkalis khususnya. Karena selama ini letak strategis Kabupaten Bengkalis yang langsung berbatasan dengan Malaysia kurang begitu dimanfaatkan. Untuk itu, peluang ini harus ditanggapi dengan serius oleh usahawan di Kabupaten Bengkalis,” harap Bagus. (Tony/rls)

 

Posting Terkait