Pemkab Bengkalis Ikuti Dumai Expo 2007

631 views

news859BENGKALIS (RiauInfo) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis terus melakukan berbagai terobosan dan upaya nyata untuk mempercepat proses dan keberhasilan pembangunan di daerah ini. Termasuk diantaranya untuk menggaet para investor atau pihak swasta agar mau ikut berparisipasi aktif dengan menanamkan modalnya di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Sehubungan dengan itu, guna menyeberluaskan berbagai informasi peluang investasi, maka melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan (Perindag) dan Investasi serta Kantor Kebudayaan dan Pariwisata, Pemkab Bengkalis turut ambil bagian dalam kegiatan Dumai Expo (Dumex) 2007 yang dilaksanakan di Taman Bukit Gelanggang Kota Dumai.

Didampingi Kadis Perindag dan Investasi, H Andre Sukarmen, Kepala Bidang Promosi dan Investasi Hasanuddin, serta Kabag Perekonomian, Yunizar Utama Bakti, saat ditemui pada pembukaan kegiatan yang ditaja sempena HUT Kota Dumai ke-8 itu, Asisten Setdakab Bengkalis H Arianto menjelaskan, keikutsertaan Kabupaten Bengkalis dalam pameran ini memang untuk lebih memperkenalkan berbagai peluang dan kemudahan menanamkan modal di daerah ini kepada pihak swasta dari daerah lain.

“Melalui keikutsertaan dalam pameran ini, diharapkan para calon investor bukan saja dapat mengetahui dengan jelas tentang peluang investasi yang ada secara luas. Tetapi juga dapat memperoleh informasi yang benar dan detil mengenai berbagai kemudahan yang akan diberikan Pemkab Bengkalis jika mereka mau menanamkan modalnya di daerah ini,” jelas Arianto seraya menambahkan keikutsertaan Pemkab Bengkalis ini juga sebagai bentuk partisipasi aktif dalam ikut memeriahkan HUT Kota Dumai ke-8.

Untuk itu, selama mengikuti Dumex 2007 init, ujar mantan Kabag Tata Usaha Bappeda Bengkalis ini, selain menampilkan berbagai produk unggulan di daerah ini, Stand Pemkab Bengkalis juga memberikan berbagai materi dan informasi tentang peluang dan berbagai kemudahaan berinvestasi kepada para pengunjung stand, terutama para pemilik modal yang diperkirakan juga banyak yang datang mengunjungi yang baru kali pertama dilaksanakan Kota Dumai ini.

“Termasuk juga potensi dan berbagai objek wisata yang terdapat di Kabupaten Bengkalis,” tambah Arianto seperti dilaporkan Kabag Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri, yang juga ikut hadir dalam pembukaan Dumex 2007 melalui telepon selulernya dari Dumai, kemarin.

Selain berbagai peluang investasi di berbagai sector, adapun produk unggulan yang dipamerkan dalam expo yang dibuka Walikota Dumai, Zulkipli AS, Jum’at (27/4) siang kemarin itu, ujar Johan lagi, diantara produk-produk hasil perikanan dan kelautan di daerah ini. Termasuk juga berbagai hasil industri rumah tangga dan makanan khas Kabupaten Bengkalis. Misalnya, kain tenun, lempuk durian dan berbagai produk makanan lainnya.

Pada bagian lain, Johan melaporkan, selain Kabupaten Bengkalis, daerah lain yang ikut dalam Dumex 2007 yang bakal berlangsung hingga 6 Mei mendatang hanya Kota Pekanbaru. Selebihnya, peserta lokal. Khususnya dari berbagai instansi pemerintah dan perusahaan yang ada di Kota Dumai.

“Alhamdulillah. Dalam Dumai Expo 2007 ini, berdasarkan pengakuan pengunjung yang berhasil dihimpun, Stand Kabupaten Bengkalis yang terletak di depan Stand Sekretariat Dumai, dinilai sebagai salah satu peserta expo dengan penampilan yang terbaik dan mendapat apresiasi yang sangat positif. Termasuk juga materi yang dipamerkan,” imbuh Johan.

Dihubungi secara terpisah, Kasi Promosi dan Investasi Dinas Perindag dan Investasi, Syamsyir menjelaskan, beberapa jam sebelum pameran dibuka secara resmi Walikota Dumai, sejumlah produk yang mereka bawa untuk dipamerkan, sudah laku terjual dibeli para pengunjung.

“Di luar dugaan, di saat kita tengah sibuk menyiapkan stand, para pengunjung, khususnya ibu-ibu sudah banyak yang ingin membeli lempuk durian. Namun, karena takut saat pembukaan habis, tidak semuanya dapat dilayani,” terang Syamsir seraya mengatakan ketika mengunjung stand Kabupaten Bengkalis, Walikota Dumai juga sempat mencicipi kelezatan lempuk durian Bengkalis.

Masih menurut Syamsir, untuk memenuhi besarnya minat pengunjung untuk membeli lempuk durian, pihaknya langsung meminta staf Dinas Perindag dan Investasi untuk segera mengirim tambahan stok dari Bengkalis dalam jumlah yang lumayan banyak. “Sesaat sesudah pembukaan, seluruh stok yang kita bawa habis semuanya. Padahal kita sudah membawa persediaan dalam jumlah yang sangat banyak,” terang Syamsir.

Posting Terkait