Pemkab Bengkalis Gelar Halal Bi Halal

629 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka merayakan Hari kemenangan Idul Fitri 1429 H, Rabu (8/10) kemarin, Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar acara silturrahim dan halal bi halal dengan seluruh pegawai dan masyarakat Bengkalis. 

Pada acara yang dipusatkan di halaman kantor bupati itu, selain Bupati Bengkalis H Syamsurizal dan isteri Ny Hj Fauziah Siregar, juga terlihat hadir di antaranya Ketua DPRD H Riza Pahlefi serta beserta isteri Ny Hj Hera Triwahuyini serta sejumlah anggota DPRD

Kemudian, mantan bupati Bengkalis H Fadlah Sulaiman dan isteri, Sekda H Sulaiman Zakaria, Kapolres diwakili Kabag Ops Arsyad Nur Siregar, Dandim diwakili Danramil 01 Bengkalis SL Haraharap, Ketua MUI Masdaruddin, para Kepala Badan, Dinas, Kantor dan Bagian serta undangan lainnya.

Dalam acara yang diawali pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Yossi Okta Putri dan diisi santapan rohani oleh KH Tohri Tohir dari Jakarta itu, suasana Idul Fitri 1429 H masih kental terasa. Selain seluruh undangan umumnya mengenakan busana Melayu, lagu-lagu yang didendangkan para penyanyi Awana Band yang ikut memeriahkan acara tersebut, juga bertemakan hari raya.

Mengenakan busana Melayu merah tua, dalam sambutannya Syamsurizal mengatakan, bagi ummat Islam, khususnya di Indonesia, Ramadhan, Idul fitri dan halal bi halal, merupakan tiga momentum relegius yang terjalin serangkai secara sinergis. Ketiganya, katanya, bukanlah ritual keagamaan semata. Jauh lebih penting dari itu, ketiganya merupakan salah satu wujud pengakuan hamba-Nya akan betapa agungnya Kemahabesaran Allah SWT.

“Selain itu, dalam dimensi untuk mempererat tali silaturahim, Ramadhan, Idul Fitri dan halal bi halal, juga merupakan momentum yang sangat baik untuk membangun dan memperbaharui komunikasi yang produktif, sehingga tali silaturahim diantara sama kita menjadi lebih baik dan semakin sempurna,” kata Syamsurizal dihadapan sekitar 1.000 undangan yang hadir.

Dikatakan Syamsurizal, halal bi halal merupakan kegiatan untuk meluruskan benang kusut, menghangatkan hubungan yang beku sehingga mencair kembali, melepaskan ikatan yang membelenggu, serta menyelesaikan masalah yang menghalangi terjalinnya keharmonisan hubungan silaturahim. Adapun wujudnya, dalam bentuk saling saling memberi maaf.

Adapun tanda orang yang pemaaf itu, kata Syamsurizal, salah besar ia perkecil, salah kecil ia habisi. “Salah tidak dipanjangkan, keliru tidak dibesarkan,yang salah ia sudahi, yang keliru ia habisi,yang telikai sama dibuang, yang selisih sama dibilang,retak tidak membawa pecah, sumbing tidak membawa belah. Siapa pemurah hidup bertuah, siapa pemaaf beroleh berkah,” kata Syamsurizal mengutip tunjuk ajar Melayu.

Mengenai ibadah puasa yang dilaksanakan sebulan penuh di bulan suci Ramadhan, Syamsurizal mengatakan, ibadah tersebut harus dapat memberi fungsi moralitas praktis, membentuk akhlakul karimah, budi pekerti luhur, dan pendidikan keagamaan yang bernilai kritis konstruktif dalam mejalani kehidupan sehari-hari pada sebelas bulan setelah Ramadhan.

Sedangkan bagi seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Bengkalis, hasil pendidikan dan latihan di bulan Ramadhan itu, kata Syamsurizal, baik itu secara personal maupun kelembagaan, harus dapat direfleksikan dan diimplementasikan untuk meningkatkan disiplin diri dan kinerja. Sehingga tercipta suatu sistem pelayanan publik yang lebih baik lagi di masa-masa mendatang.

Dalam kesempatan tersebut bupati atas nama pemerintah dan pribadi serta keluarga menyampaikan ucapan selamat hari raya idul fitri, dan maaf lahir bathin kepada seluruh masyarakat dan pegawai di lingkup Pemkab Bengkalis.

“Pada kesempatan di hari dan bulan baik ini, saya atas nama pribadi, keluarga dan jajaran Pemkab Bengkalis, mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1429 H, mohon maaf lahir bathin. Semoga di bulan Syawal ini kita semua kembali fitri dan menapak ke depan bersama dengan semangat dan kekuatan baru untuk membangun Kabupaten Bengkalis, Negeri Junjungan yang kita cintai ini,” sampai Bupati.

Hal senada disampaikan Ketua DPRD Bengkalis. Kata Riza, bulan kemenangan bagi umat Islam ini, haruslah dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan menyusun energi yang lebih baik dan besar guna menghadapi berbagai rintangan ke depan nanti. ”Bulan kemenangan ini harus dapat kita jadikan momentum untuk memperbaharui tekad bagi kemajuan daera ini,” katanya.

Selaku Ketua DPRD, bagi Riza, kegiatan bersama Pemkab Bengkalis tersebut merupakan halal bi halal yang terakhir. Seperti Syamsurizal, atas nama pribadi, keluarga dan seluruh keluarga besar DPRD Bengkalis, calon anggota DPR RI dari Partai Golkar ini juga mengucapkan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1429 H, mohon maaf lahir bathin kepada seluruh masyarakat daerah ini.(ad)

Posting Terkait