Pemerintahan yang Baik Harus Tersistem

635 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Mantan Sekdaprov HR Mambang Mit mengatakan, pemerintahan yang baik harus mengikuti sistem yang ada. Karena antara satu pemerintahan dengan pemerintahan lainnya saling memiliki ketergantungan. Jadi tidak bisa suatu sistem pemerintahan daerah lepas dari sistem pemerintahan lainnya. 

Hal ini diungkapkan H R Mambang Mit menjawab wartawan Rabu (6/8) di Rengat saat dimintai tanggapannya terkait adanya pemerintah kabupaten yang berada di Provinsi Riau selama ini tidak menjalin sistem dengan Pemerintahan yang lebih tinggi diatasnya.

“Saya sudah berpengalaman selama 30 tahun sebagai pegawai negeri sipil. Jadi saya tahu betul dengan sistem pemerintahan tersebut. Antara satu pemerintah daerah dengan pemerintahan lainnya saling terkait, baik itu masalah kebijakan, penganggaran dan aspek lainnya,”jelas Mambang Nit ketika menghadiri silaturahmi dan temu kader DPD II Partai Golkar Inhu.

Dilanjutkan calon wakil gubernur Riau mendampingi calon gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP ini, antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota dan pemerintahan kecamatan sampai ke desa, mesti mengikuti sistem pemrintahan yang ada.

Pemerintah pusat mengkoordinasikan dengan pemerintah Provinsi, selanjutnya provinsi melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota, sementara kabupaten/kota melakukan koordinasi dengan kecamatan, begitu juga sebaliknya,”terang Mambang Mit.

Dengan kenyataan tersebut lanjut Mambang Mit, tidak bisa pemerintah kabupaten lansung melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat tanpa melalui sistem pemerintah provinisi. Hal inilah yang menyebabkan Kabupaten Inhu tertinggal dari segala hal dalam pembangunan. Karena pemerintahanya tidak mengikuti sistem pemerintahan yang baik tersebut.(ad/*)



Posting Terkait