Pemerintah Pusat Salurkan Dana Rp3,7 M untuk Pustaka Desa di Riau

641 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemerintah Pusat melalui APBN 2008 menganggarkan dana sebesar Rp3,7 miliyar untuk pengadaan buku-buku di perpustakaan desa di Riau. Sebanyak 185 desa yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Riau akan mendapatkan buku-buku itu.

Pengadaan buku-buku untuk perpustakaan desa yang menelan dana cukup besar itu merupakan program pemerintah pusat dalam membangkitkan semangat membaca di kalangan masyarakat desa. Minat baca tidak hanya perlu dikembangkan di kota saja, tapi juga di desa.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Riau Drs Sudirman Hamid mengatakan dari dana yang ada tersebut, masing-masing desa akan menerima bantuan buku sebanyak 1.000-2.00 eksemplar. Umumnya buku-buku itu adalah buku bacaan.

Dalam waktu dekat ini buku-buku itu akan segera dibeli dan disalurkan ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang ada di desa-desa tersebut. Kini program ini masih dalam tahap pencairan dana untuk pengadaan buku-buku itu.

Mengenai desa-desa mana saja yang akan menerimka bantuan buku itu, Sudirman menyebutkan akan ditentukan sendiri oleh setiap Pemkab/Pemko. Sedangkan penyalurannya akan diatur oleh perangkat pemerintah desa.(Ad)

 

Posting Terkait