Pemerintah Bantah Ada Mobil Bioskop Keliling Mangkrak

987 views

mobil bioskop

JAKARTA (RiauInfo) – Ramainya informasi yang menyebutkan banyak mobil bioskop keliling (Bioling) mangkrak alias tidak berfungsi akhirnya terbantahkan. Kepada wartawan di Jakarta kemarin, pejabat terkait, Wawan Yogaswara menegaskan, tidak ada satupun mobil bioskop keliling yang mangkrak, baik bioling yang dioperasikan di Jakarta, maupun di daerah daerah.

“Kami selalu memonitor kegiatan bioling di daerah. Bahkan secara teratur daerah mengirimkan laporan tertulis hasil penggunaan bioling tersebut,” jelas Wawan Yogaswara, Kabag Rumah Tangga Ditjen Kebudayaan Kemdikbud, kepada Riau Info, Tabloid Kabarfilm dan Kompas di Jakarta, kemarin.

Wawan juga menegaskan masyarakat luas harus ikut merawat keberadaan bioling tersebut. Apalagi untuk menghadirkan satu unit bioling ditambah kelengkapan proyektor dan tenaga kerjanya dibutuhkan biaya cukup besar. Karenanya, Pemerintah berharap masyarakat ikut merawat dan mengawasi juga mengirimkan laporan jika menyaksikan pengunaan bioling secara salah, misalnya mobil bioling dimanfaatkan untuk agenda propaganda pilkada, atau ada bioling yang memutar film-film yang sarat dengan iklan produk. “Tindakan seperti itu jelas tidak boleh dan alhamdulilah tidak ada yang menggunakan seperti itu…” lanjut Wawan,

Memang, kata Wawan lagi, belum lama ini ada laporan dua unit bioling mangkrak, yakni laporan dari Merauke (Papua) dan dari daerah Nusa Tenggara. Setelah diteliti, ternyata mangkrak bukan karena terlantar atau rusak, melainkan menunggu pejabat terkait selesai melakukan serah terima jabatan, baru menandatangani penyerahan bioling tersebut. Kabarnya di Jakarta juga ada bioling yang mangkrak, ketika dicermati, ternyata itu laporan bohong. Tidak ada satu pun bioling di daerah Jakarta yang mangkrak.

Didampingi dua pejabat terkait lainnya dari Kemdikbud, yakni Rodjak dan Anton, Wawan menegaskan bahwa bioling sangat diperebutkan di daerah. Soalnya jumlahnya terbatas. Dari sekitar 600 kota/kabupaten yang mestinya memiliki bioling setiap daerah masing-masing satu unit, pemerintah baru mampu menyediakan sekitar 15 persen saja.

Salah satu unit bioling tersebut juga dimiliki Kota Pekanbaru dan disimpan di sekitar perpustakaan Soeman HS, Jalan Jenderal Sudirman 462, Pekanbaru. Melalui mobil bioskop keliling itu, secara teratur masyarakat bisa menonton film-film Indonesia pilihan secara gratis. Setiap daerah, bersamaan dengan pengiriman bioling juga disertakan 20 judul film pilihan, diantaranya berjudul Naga Bonar, Ala ngkah Lucunya Negeri Ini, Darah Garuda, 5 Cm, Perempuan Berkalung Sorban, Sang Pencerah dan lain-lain.

Dalam waktu dekat pemerintah akan menyalurkan lagi 35 unit bioling ke daerah-daerah, dan masyarakat luas diminta ikut merawat dan menjaga bioling itu agar keberadaannya awet, bisa bermanfaat untuk masyarakat luas. Salah satu sasaran yang ingin diraih pemerintah dengan penyebaran bioling ke daerah, adalah memberikan I nspirasi semangat maju di kalangan anak muda, juga menyalurkan semangat berjuang memberbaiki kesejahteraan, perekonomian dan kecerdasan masyarakat. (Ami Herman)

Posting Terkait