PEMBENTUKAN FORUM RIAU MEMBACA Gubri: Mau Cerdas, Harus Rajin Membaca

Pekanbaru – Mencerdaskan kehidupan masyarakat adalah tugas semua komponen. Baik masyarakat maupun Pemerintah. Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas ini bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan waktu yang panjang dan seyogyanya dilakukan secara berencana, bertahap dan berlanjut.


Demikian dikatakan Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Riau, Drs.R Erisman, pada acara pembukaan musyawarah pembentukan Forum Riau Membaca Provinsi Riau tahun 2006, di Hotel Delta Pekanbaru, Rabu (13/12).

Rusli menegaskan untuk menjadi cerdas orang harus rajin membaca. “Untuk itulah Pemerintah Provinsi Riau memberi dukungan yang penuh atas terbentuknya Forum Riau Membaca. Minat dan kebiasaan membaca sedapat mungkin dipupuk dan dikembangkan, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat,” katanya.

Sebagai langkah awal pembinaan minat baca, 9 Agustus lalu bersempena HUT ke 49 Provinsi Riau, Gubri telah pula dicanangkan Gerakan Riau Membaca (GRM). “Mengingat pentingnya Gerakan Riau Membaca dalam mewujudkan SDM Riau yang berkualitas perlu ditindaklanjuti dengan berbagai kebijakan dan program secara berencana, bertahap dan berlanjut,” ujar Gubri.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau, dalam wawancara dengan wartawan mengatakan Forum Riau Membaca akan dibentuk melalui musyawarah yang melibatkan seluruh potensi dan komponen masyarakat Riau. Khususnya birokrat, cendekiawan, pendidik, penerbit, pengarang, pemerhati, pengelola perpustakaan, pustakawan, pengusaha buku, wartawan, organisasi profesi dan organisasi masyarakat serta komponen masyarakat lainnya.***

 

Rizki: