Pembangunan Stadion Utama PON 2012 Dimulai September Depan

574 views
news10048PEKANBARU (RiauInfo) – Pembangunan Stadion Utama PON 2012 di Pekanbaru akan dimulai September 2009 mendatang. Stadion yang berlokasi di belakang Kampus Universitas Riau di atas lahan seluas 66 hektar itu akan memasuki proses tender dalam bulan ini juga.

“Pembangunannya tidak ada masalah lagi. Diperkirakan akan dimulai September tahun ini. Sedangkan proses tahapan lelang manajemen konstruksinya sudah dimulai sejak bulan Mei lalu,” ungkap Kepala Dis pora Riau Lukman Abbas di Pekanbaru.

Stadion utama ini merupakan satu kompleks yang dibuat mirip Kompleks Senayan di Jakarta. Walau dalam skala yang lebih kecil, namun sejumlah venes dan fasilitas olahraga akan melengkapi stadion yang bakal menjadi kebanggaan masyarakat Riau ini.

Stadion utama ini memiliki kapasitas 40 ribu tempat duduk atau dua kali lipat stadion HRumbai. Disini terdapat lapangan sepakbola berstandar internasional, dan juga lintasan atletik. Sedangkan di luar lapangan akan ada tiga gedung olahraga lain, yakni lapangan softbol, hoki dan perkampungan atlet.

Untuk tahap awal, pembangunan fisik akan akan menelan biaya Rp900 miliar ini, dianggarkan di APBD Riau sebesar Rp218 miliar. Selanjutnya dianggarkan pada APBD tahun 2010, 2011 dan 2012. Pembangunan stadion utama ini lebih mahal dibandingkan dengan stadion utama saat PON Kaltim 2008 lalu yang hanya sebesar Rp750 miliar.(ad)

Posting Terkait