Pembakaran Lahan di Riau Relatif Ramah Hari Ini

715 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wilayah provinsi Riau sedikit ramah terhadap cuaca cerah hari ini. Pasalnya, kebiasaan pembakar lahan dan hutan nihil ditengah cuaca cerah dan temperatur tinggi. Berdasar data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru, Sabtu (3/04) pukul 13.00 WIB tadi, satelit NOAA 18 mendapatkan 7 titik api tersebar di 4 provinsi Pulau Sumatera. Namun tidak termasuk provinsi Riau.

Hasil pantauan satelit tersebut merekam 7 titik api berada di wilayah provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara, Jambi dan provinsi Sumatera Selatan.

Hotspot menyala di provinsi NAD ada tiga titik. Menyusul provinsi Sumatera Utara 2 titik api. Sedang provinsi Jambi sendiri ikut menyumbang 1 titik api. Selanjutnya satu titik api lagi disumbangkan oleh provinsi Sumatera Selatan. Sehingga total titik api di pulau Sumatera hari ini berjumlah 7 titik. Sedang provinsi Riau sendiri nihil atau tidak ada titik api sama sekali.

Padahal, BMG telah mencium temperatur maksimum di Riau siang ini mencapai 31-34’C. Peluang hujan di Riau sangat langka, sehingga malam pun nyaris hujan tidak tercurah sama sekali. Meski ada hujan, disinyalir hanya bersifat lokal dan sangat singkat dan tipis sekali.(Surya)

Posting Terkait