Pemadaman Listrik Ditingkatkan Dua Kali Lipat

800 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Harapan masyarakat Riau, khususnya Pekanbaru, agar terbebas dari pemadaman listrik yang selama ini sangat menyiksa, tampaknya tidak pernah terujud. Bahkan PLN meningkatkan jadwal pemadaman listrik itu menjadi dua kali lipat. 

Jika selama ini pemadaman listrik yang dilakukan PLN selama 3 jam sehari, mulai Jumat (8/8) ini pemadaman ditingkatkan menjadi dua kali sehari dengan durasi 3 jam. Ini berarti dalam sehari pemadaman listrik akan terjadi selama 6 jam.

Alasan pihak PLN atas pemadaman listrik yang ditingkatkan ini, karena tiga faktor utama. Pertama adanya perbaikan pipa gas PT Pertagas sehingga menyebabkan sejumlah pembangkit tidak beroperasi seperti PLTG Keramas Palembang yang memiliki daya 25 MW, PLTG BOrang Palembang 165 MW dan PLTG Musi II Palembang 13,8 Mw.

Sedangkan faktor kedua karena daya listrik di jaringan interkoneksi Sumbar-Riau, Jambi-Sumsel kian berkurang menyusulnya pemeliharaan rutin terhadap pembangkit PLTA Singkarak. Major overhaul menyebabkan PLTA Singkarak berhenti total sementara hingga 14 Agustus 2008.

Menurut Humas PT PLN Wilayah Riau dan Kepri, Delvis Bustami, dalam kondisi itu PLN mengambil kebijakan pengurangan beban. Untuk hari ini pengurangan beban dilakukan dari pukul 00.01 sampai 07.00 dengan beban 33,67 MW.

Selanjutnya pengurangan beban dari pukul 07.00 Wib hingga 18.00 Wib dilakukan sebesar 39,16 MW. Pengurangan beban terbesar dilakukan pada saat beban puncak yakni dari pukul 10.01 sampai 24.00 WIB.

Nah, bersiap-siaplah memperbanyak stok lilin!.(Ad)

Posting Terkait