PELUANG HUJAN MENINGKAT… Gelombang Pasang Capai 1,5 Meter di Perairan Riau

732 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wilayah perairan pesisir provinsi Riau masih mengalami gelombang pasang mencapai 1,5 meter Rabu (24/12/2008) ini. Meski relatif menurun dibanding kemarin, ketinggian gelombang tersebut juga termasuk membahayakan pelayaran di pesisir Riau hari ini. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru menyatakan gelombang pasang itu terjadi di sekitar perairan pulau Bengkalis, Selat Panjang hingga kepulauan Lingga. 

Kepala BMG Stasiun Pekanbaru Blucer Dolog Saribu melalui staf analisa Slamet Riyadi mengatakan, ketinggian air laut dari perairan Kepulauan Riau yang juga mengalami gelombang tinggi sangat mempengaruhi gelombang pasang di perairan Riau tersebut hari ini.

Sedangkan penyebab utama gelombang pasang untuk semua peraiaran tersebut muncul akibat kekuatan pusaran angin dan tekanan rendah di Laut China Selatan yang bertepatan dengan wilayah Utara Tanjung Pinang Kepulauan Riau (Kepri).

BMG Pekanbaru mendapatkan ketinggian gelombang minimum relatif rendah berkisar 0,75 meter di sejumlah peraiaran Riau lainnya seperti di pesisir Rokan Hilir hari ini. Menurut BMG, curah hujan juga meningkat di wilayah pesisir Riau bagian Utara tersebut hari ini. Sehingga ketinggian gelombang pasang dan cuaca buruk akan berpotensi membahayakan pelayaran.(Surya)

 

Posting Terkait