Peluang Hujan Kembali Merata di Riau

756 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Jumlah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali menurun di wilayah provinsi Riau, Jumat (26/09) ini. Bahkan peluang hujan mulai meningkat dan merata di Riau pada malam ini. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru melaporkan peluang hujan itu terfokus di Riau bagian Tengah dan Selatan. 

Wilayah Riau tengah seperti kota Pkanbaru sendiri termasuk berpeluang mendapatkan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tersebut malam ini. Sementara, peluang yang sama juga akan menjalar di wilayah Riau Selatan seperti wilayah Kuansing, Pelalawan, Rohul dan sebagian wilayah Kampar.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Slamet Riyadi mengatakan, gangguan cuaca trhopis masih menjadi penyebab utama tingginya curah hujan di wilayah Riau saat ini. BMG mendapatkan peluang hujan lebat akan terjadi di wilayah kabupaten Inhil dan Inhu malam ini.

Menurut Blucer, hujan sangat ampuh sebagai senjata memadamkan Karhutla. Sehingga, BMG melaporkan hasil rekaman satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 hanya menangkap satu titik api menyala di kabupaten Inhu provinis Riau hari ini.(Surya)

Posting Terkait