Peluang Hujan di Riau Merata Sepanjang Hari

PEKANBARU (RiauInfo) – Mendung membuat langit kota Pekanbaru kelabu Sabtu (23/08) pagi ini. BMG mendapatkan peluang hujan tidak di kota Bertuah ini saja, namun hampir merata untuk wilayah provinsi Riau. Menurut BMG, cuaca ini dipicu oleh pembelokan angin di wilayah Riau. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru mendapatkan, pembelokan angin tersebut sedikit lambat dan membentuk palung atau pusaran tepat diudara wilayah provinsi Riau. Sehingga pertumbuhan awan relatif subur dan rawan menurunkan hujan.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Slamet Riyadi mengatakan, hujan diperkirakan hanya berintensitas ringan dan sedang dalam waktu yang relatif singkat dan silih berganti. Namun peluang terjadinya hujan nyaris sepanjang hari di wilayah Riau hari ini.

Cuaca yang diakibatkan pembelokan angin dan suburnya awan ini juga dipicu oleh gangguan di wilayah Samudera Hindia yang berdekatan dengan pesisir barat Pulau Sumatera. Selain menyuburkan awan, gangguan cuaca itu juga meninggikan gelombang di wilayah perairan Lampung dan Selatan perairan pulau Jawa. Gelombang mencapai ketinggian 4 meter dan membahayakan pelayaran, khusunya kapal kecil yang biasa digunakan nelayan.(Surya)

Rizki: