Pelabuhan Chevron Simulasikan Pengamanan Berstandar Internasional

1351 views
DUMAI (RiauInfo) – Pelabuhan 3 Dumai yang dioperasikan PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) hendak diterobos para nelayan yang berniat melakukan demonstrasi. Perahu para nelayan itu sedang berusaha bersandar di salah satu pelabuhan tempat pengapalan minyak mentah tersebut.

Petugas pelabuhan berupaya melakukan dialog dengan mengirimkan tim kapal patroli. Namun, upaya persuasif itu menemui jalan buntu. Para nelayan tetap berupaya keras bersandar di Pelabuhan 3 Dumai.

Begitulah skenario latihan dan simulasi penerapan International Ships & Port Facility Security (ISPS) Code di Pelabuhan 3 Dumai kemarin yang dipimpin oleh Port Facility Security Officer Pelabuhan Chevron Dumai, Maraden H. Panggaben.

Latihan yang diikuti 64 personel dari Pelabuhan Dumai, Polri, TNI, dan Chevron ini berlangsung mulai sekitar pukul 09.00 hingga 12:00 WIB. Latihan ini bertujuan membangun kerja sama antara instansi pemerintah yang berwenang, perusahaan, dan pengelola pelabuhan dalam mendeteksi ancaman keamanan dan melakukan langkah-langkah pencegahannya sesuai standar keamanan internasional seperti tertuang dalam ISPS Code.

“Latihan dan simulasi ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dan pemahaman terhadap tugas serta tanggung jawab masing-masing instansi terkait keamanan maritim di Pelabuhan Dumai,” tutur Manager HCT Chevron Terminal Opr & maint , Rito Dwiputra.

Pelabuhan 3 Dumai, yang merupakan salah satu lokasi pengapalan minyak mentah, termasuk dalam kategori objek vital nasional yang mendukung operasional industri migas. Sektor migas merupakan penopang utama sumber pendapatan negara sehingga kelancaran operasionalnya sangat mempengaruhi keuangan negara, baik itu pemerintah pusat maupun daerah, sebagai penerima manfaat terbesar dari keberadaan operasional migas.

Itu bebabnya, sangat penting bagi Pelabuhan 3 Dumai untuk mendapatkan sertifikasi ISPS Code yang menyatakan bahwa pelabuhan ini telah memenuhi standar keselamatan Internasional.

Selain mendapatkan sertifikasi keselamatan ISPS Code pada tahun 2005, Pelabuhan 3 Dumai juga telah mendapat pengakuan internasional pada saat adanya inspeksi yang dilakukan oleh US Coast Guard dan Direktorat Gamat (Penjagaan dan Penyelamatan) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut beberapa tahun lalu.(zas/rls)

 

Posting Terkait