Pekanbaru Terancam Dilanda Banjir Besar

650 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tingginya curah hujan dalam sebulan terakhir ini, menyebabkan kota Pekanbaru terancam akan dilanda banjir besar. Sejak awal November lalu curah hujan yang turun di kota Pekanbaru rata-rata di atas normal.

Tingginya curah hujan ini menyebabkan sungai-sungai yang ada di Pekanbaru, seperti Sungai Siak dan Sungai Sail tidak akan mampu menampung debit air yang begitu besar. Hal inilah yang menyebabkan air meluap dan menimbilkan banjir besar.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Gofisika (BMKG) Stasiun Pekannbaru, Philip Mustamu mengatakan hingga akir Novemver ini kondisi hujan di Pekanbaru masih tinggi, sehingga di beberapa titik di Pekanbaru akan berpeluang dilanda banjir.

Titik-titik yang berpeluang banjir itu antara lain di Kecamatan Bukitraya, Rumbai, Saik dan Tampan. Hampir setiap tahun di titik-titik tadi mengalami banjir. Sebagian titik itu banjir disebabkan oleh tersumbatnya drainase.

Karena itu dia mengharapkan masyarakat segera mengantisipasi musim banjir ini, diantaranya dengan melakukan pembersihan terhadap saluran-saluran air. “Jadi saat curah hujan tinggi, seluruh airnya mengalir dengan lancar,” ujarnya.(ad)

Posting Terkait