PDI Perjuangan Pusatkan Peringatan Sumpah Pemuda di Solo

JAKARTA (RiauInfo) – Media PDI Perjuangan – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) merencanakan untuk menyelenggarakan peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober sekaligus sosialisasi nomor urut tanda gambar PDI Perjuangan dalam pemilu legislatif 2009, yang dipusatkan di Kota Solo. 

Kegiatan yang sama juga diharapkan dilaksanakan oleh struktura-struktural Partai di seluruh daerah. Demikian salah satu butir agenda pembahasan Rapat Pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang dipimpin oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj. Megawati Soekarnoputri, di Sekretariat BP Presiden, Jl. Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta, Selasa (14/10) siang.

Terkait penyelenggaraan kegiatan tersebut, Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Eksternal Informasi dan Komunikasi, Daryatmo Mardiyanto, menjelaskan, peringatan hari Sumpah Pemuda oleh PDI Perjuangan ini adalah untuk mempertegas makna dan peran pemuda yang menjadi inspirasi dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kemerdekaan Indonesia.

”Hal ini juga sekaligus mensosialisasikan kepada kalangan pemuda tentang tekad Partai bahwa keberlangsungan negara, Partai, serta lembaga-lembaga lainnya tidak pernah terlepas dari regenerasi melalui aktualisasi peran kaum muda,” ujarnya.

Mengkutip salah satu inti dari butir dalam pidato yang disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat, Puan Maharani, bahwa upaya regenerasi tersebut tidak serta merta meninggalkan peran para senior, dan hal tersebut saat ini juga telah sedang berlangsung di tubuh PDI Perjuangan.

”Regenerasi di PDI Perjuangan sekarang telah dimulai,” tegas cucu Proklamator RI, Bung Karno, ini di hadapan tak kurang dari 8000 orang kader PDI Perjuangan di Pagelaran Kraton Surakarta, Minggu (11/10) lalu.

Tetapkan Standarisasi Tanda GambarSelain itu, Rapat Pleno DPP PDI Perjuangan Selasa siang tersebut juga menetapkan standarisasi atrtibut resmi PDI Perjuangan dalam pemilu tahun depan, yaitu berwarna merah menyala khas PDI Perjuangan beserta logo PDI Perjuangan (banteng gemuk bermata merah dan bermoncong putih di dalam lingkaran hitam berlatar belakang warna merah menyala), yang disertai tulisan “PDI Perjuangan” dan nomor urut tanda gambar PDI Perjuangan dalam pemilu 2009, yaitu 28.

Selain itu, Rapat DPP juga memutuskan agar media-media komunikasi ruang seperti spanduk, poster, baliho, dan lain sebagainya yang dapat digunakan sebagai media sosialisasi caleg, selain menampilkan foto yang bersangkutan, juga menampilkan foto Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj. Megawati Soekarnoputri.

“Ini dalam rangka pensosialisasian Ibu Hj. Megawati Soekarnoputri sebagai calon Presiden pada pemilu presiden 2009,” jelas Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Eksternal Informasi dan Komunikasi, Daryatmo Mardiyanto.(ad)

Rizki: