Pawai Akbar HTI Serukan Persatuan Umat

EKANBARU (RiauInfo) – Massa dari Hizbut Tahrir Indonesia lakukan aksi pawai akbar. Pada aksi tersebut, juga diikuti beberapa ormas Islam dan perwakilan pondok pesantren se-Riau. Dengan total massa 2000-an orang berjalan di sepanjang jalan Sudirman, yang sebelumnya diawali dari Mesjid Agung Anur Pekanbaru, pukul 9.20 Wib. 

Aksi yang bersempena dengan peringatan tahun baru Hijriyah 1430 tersebut, diikuti dengan antusias oleh masing-masing massa. Yel-yel Seruan persatuan umat Islam dan kutukan terhadap Israel dan Amerika pun terdengar lantang.

Dua Ormas Ormas Islam yang ikut bersatu menggelar pawai akbar itu adalah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Pekanbaru dan Hidayatullah.

Menurut koordinator pawai akbar, Edi Manik, serangan biadab yang dilancarkan Israel ke Palestina seolah melengkapi penderitaan berkepanjangan yang dialami warga muslim lainnya termasuk Iraq dan Afganistan.

Sementara negara disisi lain, dunia Islam mengalami dampak dampak buruk yang diakibatkan krisis finansial global. Khsusnya Indonesia, belum lagi pulih dari luka krisis lama, 1997 silam kini luka krisis finansial baru kembali datang.

Semua itu menurut Edi, karena sistem ekonomi Islam yang bersumber dari syariah diabaikan. Sementara kapitalisme yang jelas mencekik leher yang lemah, justru menjadi pedoman.

Selain itu, dirinya juga menyerukan kepada seluruh umat Islam dimana pun berada agar lebih meningkatkan lagi persaudaraan, persatuan dan solidaritas umat.

Bahkan korlap HTI ini juga menghimbau untuk melakukan boikot terhadap makanan yang bersumber dari Amerika dan Yahudi serta mengutuk atas kejahatan yang dilakukan oleh dua negara yang mereka anggap sebagai penjajah dunia, Israel dan Amerika Serikat, Minggu (4/1).(muchtiar)

 

Rizki: