Pasangan Chaidir-Suryadi, Calon Spesial Bagi IKMR

630 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dari ketiga kandidat yang akan bertarung di Pilkada Riau mendatang, pasangan Chaidir-Suryadi (CS) dinilai pasangan yang paling special bagi Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR). Namun demikian, IKMR belum secara tegas menetapkan sikap dukungannya kepada pasangan calon paling ‘termiskin’ ini. 

Ketua Umum IKMR Riau, H Basrial Koto yang poluler disebut Basko menuturkan, IKMR hingga kini masih mempelajari kemana arah dukungan yang akan diberikan IKMR pada Pilkada mendatang.

“Sekarang masih belum. Tapi Insya Allah, tanggal 30 Agustus mendatang akan diputuskan dalam silaturrahmi akbar IKMR di Pekanbaru nantinya. Tapi yang jelas, CS ini calon spesial bagi IKMR,” kata Basko.

Dikatakan Basko, keistimewaan yang dimiliki CS adalah, dari ketiga kandidat hanya Chaidir lah yang tidak pernah alpa menghadiri acara IKMR. Selanjutnya ada hubungan kekerabatan yang sangat dekat antara IKMR dengan istri Calon Wakil Gubernur Riau H Suryadi Khusaini, yaitu Kelly Suryadi, karena berasal dari Minang.

“Adinda Suryadi ini Sutan Mudo, urang sumando awak. Jadi lengkaplah alas an kenapa hanya CS yang diundang IKMR untuk makan siang dan dialog di perusahaan PT Riau Farm yang saya pimpin ini,” kata Basko, Sabtu (9/8) siang didepan pengurus teras IKMR dan Basko Group di PT Riau Farm Jalan Palas, Rumbai.

Dikatakan CEO Riau Mandiri Group ini, pemimpin ke depan, harus yang mempunyai konsep pembangunan yang jelas dan terarah. Jadi tidak lagi mengambang seperti sekarang ini.

“Jangan ada lagi diskriminasi suku dan ras. IKMR yang IKMR yang merupakan bagian dari masyarakat Riau harus diperlakukan sama dengan suku tempatan. Karena setiap yang menetap di Riau dan memiliki identitas Riau, maka dia sudah merupakan bagian dari masyarakat Riau,” kata Basko.

Menyikapi hal itu, Bakal Calon Gubenrur Riau Drh H Chaidir MM yang datang lengkap bersama wakilnya Suryadi Khusaini dan tim sukses menilai, apa yang menjadi harapan Ketua Umum IKMR, juga merupakan harapan CS dan tim, serta masyarakat Riau yang heterogen ini “Mari kita bersama-sama bergandengan tangan membangun Riau. Dari mana saja datang, mempunyai tempat yang sama, kesempatan yang sama untuk mengisi pembagunan di Riau,” kata Chaidir.

Terkait pembangunan Riau ke depan, lanjut Chaidir, jika terpilih subsidi Rp1 Triliun per desa akan menjadi prioritas CS. Dikatakan Chaidir, bantuan itu akan diberikan langsung kepada aparatur desa untuk mengelolanya sendiri dan membangun sesuai kebutuhannya.

Meskipun demikian, Pemprov ke depan akan melakukan pengawasan terhadap aparatur desa oleh lembaga resmi dan independent. Jika ternyata kepala desa melakukan korupsi dan tidak sungguh-sungguh membangun desa dalam menggunakkan bantuan desa, maka harus menerima risiko hukum.

“Pemprov akan meminta aparat hukum untuk memberikan sanksi dan memenjarakan kepala desa tersebut dan aparaturnya yang melakukan penyimpangan. Hal itu gunanya, untuk menciptakan pemerintahan yang bersih (clean government, red). Untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih itu tentunya harus didukung oleh IKMR pada Pilkada mendatang,” kata Chaidir.(ad)

 

Posting Terkait