Papua Barat dan Lampung Tak Kirim Paralimpian

PEKANBARU (RiauInfo) – Provinsi Papua Barat dan Lampung absen dalam Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XIV di Pekanbaru, Riau, 7-13 Oktober setelah keduanya tidak mengirimkan atlet dalam kejuaraan olahraga difabel terbesar di Tanah Air ini.

Kepastian tidak ikutnya dua daerah tersebut disampaikan Sekretaris Jendral (Sekjun) NPC Pribadi di Pekanbaru Minggu (7/10). Ia mengatakan batalnya dua provinsi itu terlihat setelah pihaknya melakukan pendataan atlet maupun klasifikasi jenis kecacatan yang dimiliki oleh Paralimpian.

Di PON Kalimantan Timur kedua provinsi ini berpartisipasi. Tapi di Riau kali ini absen. Kami masih mencari informasi mengapa kedua provinsi ini tidak ikut di Peparnas ini,” katanya di Media Center Pusat Peparnas 2012.

Menurut dia, komunikasi dengan kedua provinsi ini terus dilakukan. Hanya saja baru satu provinsi yang merespons komunikasi pihak penyelenggara yaitu Lampung.

Meski tidak mengirimkan atletnya ke kejuaraan empat tahunan ini, kata dia, Lampung masih mengirimkan utusannya untuk berpartisipasi pada kegiatan yang dulunya bernama Percanas itu.

“Utusan dari Lampung dipastikan hadir, tapi bukan sebagai peserta, melainkan hanya sebatas peninjau,” katanya menambahkan.

Khusus untuk Papua Barat, kata dia, komunikasi yang dilakukan belum membuahkan hasil. Meski demikian pihaknya tidak mempersalahkan hal tersebut. Hanya saja pihaknya akan melakukan pembinaan termasuk mencari alasan jelas terkait absennya provinsi Papua Barat.

“Di sini tidak ada pencoretan. Kami hanya melakukan pembinaan saja. Padahal dulu mereka telah menyatakan kesiapannya untuk turun,” kata Pribadi menegaskan.

Ia menjelaskan, dengan absennya dua provinsi ini maka jumlah kontingen yang berpartisipasi pada Peparnas 2012 di Riau adalah 31 kontingen dengan total 1.400 atlet. Jumlah ini mengalami peningkatan signifikasi dibandingkan dengan Percanas 2008 di Kalimantan Timur.

“Percanas Kalimantan Timur hanya diikuti 800 atlet dan hanya mempertandingkan tujuh cabang olahraga. Kalau di Riau, jumlah atlet mencapai 1.400 orang dengan 11 cabang olahraga,” kata Sekjen NPC itu menegaskan.(e2/ant)

Rizki: