Panwaslu Panggil KPU Riau Bahas Temuan Pelanggaran Pemilu

631 views

EKANBARU (RiauInfo) – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) 2009 Provinsi Riau akan mengadakan pertemuan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau. Agenda ini menyusul laporan- laporan temuan pelanggaran dalam pencalonan Caleg dan DPD yang masuk ke Panwaslu saat ini. 

“Panwas akan mengadakan pertemuan dengan KPU Riau serta menghadirkan pihak-pihak yang terkait laporan-laporan yang menyangkut masalah Caleg atau DPD. Panwas mengundang KPU hadir dalam pertemuan itu pada hari Kamis mendatang. Pertemuan ini bertujuan agar masalah yang ditemukan atau yang dilaporkan ke Panwas terkait agenda Pemilu saat ini akan selesai dengan solusi yang positif bagi semua pihak,”terang Pokja Pengawasan Panwaslu Riau, Syafrul Rajab kepada RiauInfo, Selasa (4/11) di Pekanbaru.

Ketua Panwaslu Riau Indi Rahman menambahkan, laporan-laporan terkait agenda Pemilu seperti masalah Caleg dan anggota DPD memang telah masuk ke Panwas saat ini. Laporan itu menyangkut sanggahan yang masih muncul saat Daftar Calon Tetap keluar.

“Partai umumnya banyak melaporakan masalah nomor urut mereka. Selain itu, masyarakat juga melaporkan tentang masalah DCT dan status PNS para calon Caleg dan DPD. Meluruskan masalah ini, maka Panwas akan menghadirkan semua pihak dalam pertemuan itu nantinya,”ujar Indi.

Pokja Sosialisasi Panwaslu Riau Muspialdi menanggapi berbagai persoalan itu tidak lebih dari kesalahan komunikasi dan pengertian antar penyelenggara Pemilu dan Peserta Pemilu sendiri. Sedangkan Panwaslu Riau berkewajiban untuk meluruskan msalah yang muncul saat ini.

“Selain sosialisasi pihak penyelenggara, masyarakat juga diminta pro aktif melakukan pengawasan terhadap data calon, baik Caleg maupun calon DPD. Semua sanggahan seharusnya masuk pada massa sanggahan yang telah ditentukan. Sehingga masalah ini tidak akan muncul di kemudian hari seperti saat ini,”harap Muspialdi.(Surya)

Posting Terkait