Panitia Ad Hoc II DPD RI Kunjungi Bengkalis

669 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Dalam rangka melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Undang-Undang (UU) No 23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, UU No 41/1999 tentang Kehutanan dan UU No 38/2004 tentang Jalan, sejumlah anggota Panitia Ad Hoc II Dewan Perwakilan Daerah (PAH II DPD) RI , Rabu dan Kamis (21-22/2) lalu, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bengkalis.

Adapun anggota DPD tersebut adalah Instiawati Ayus (Riau, selaku koordinator), Kasmir Tri Putra (Lampung), Piet Herman Abik (Kalimantan Barat), Abdul M Killian (Irian Jaya Barat), H Jum Perkasa (Sumatera Selatan), Hamdhani (Kalimantan Tengah) dan Muhammad Nasir (Jambi).

Humas Pemkab Bengkalis melaporkan, pada kesempatan melakukan silaturahmi dan dialog dengan Pemkab Bengkalis dan tokoh masyarakat, Bupati Bengkalis H Syamsurizal, Wakil Ketua DPRD Bagus Santoso mengharapkan agar seluruh anggota DPD, khususnya PAH II turut membantu memperjuangkan penyelesaian berbagai persoalan yang dihadapi Pemkab Bengkalis.

”Salah satunya mengenai alokasi dana pembangunan dari Pemerintah Pusat untuk mencegah abrasi pantai yang terjadi di sejumlah desa di 6 pulau besar di daerah ini. Kondisinya sangat memperihatinkan. Sementara jika dialokasikan melalui APBD, hal itu tidak mungkin. Sebab, anggaran yang dibutuhkan sangat besar,” terang Syamsurizal yang pada kesempatan itu juga memaparkan program pembangunan infraktruktur, baik yang telah dan akan dilakukan Pemkab Bengkalis.

Hal lain yang disampaikan orang nomor satu di Negeri Junjungan itu, yaitu mengenai izin pemanfaatan lahan/hutan untuk mendukung program pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM) di pulau Rupat. Terutama untuk kawasan hutan yang jika mengacu kepada peraturan yang berlaku.

”Khususnya yang menurut ketentuan dalam UU tentang Kehutanan, tidak diperbolehkan,” ujar Syamsurizal seraya mengatakan bahwa program KTM itu memiliki arti penting bagi percepatan pembangunan perekonomian. ”Bukan hanya di pulau Rupat. Tetapi juga bagi Kabupaten Bengkalis dan Provinsi Riau pada umumnya,” imbuh Syamsurizal.

Begitu juga dengan harapan Bagus Santoso. ”Selaku wakil rakyat, kami juga mengharapkan agar pembangunan infrastruktur, seperti perbaikan jalan Hang Tuah Duri yang merupakan jalan nasional, juga dapat dialokasikan melalui APBN oleh Pemerintah Pusat.

”Karena tanggungjawab untuk itu memang ada pada Pemerintah Pusat. Bukan pada Pemerintah Daerah,” pinta Santoso sembari menjelaskan karena sifatnya mendesak dan menyangkut kepentingan masyarakat banyak, melalui APBD Bengkalis dialokasikan Rp 43 milyar untuk perbaikan jalan Hang Tuah tersebut.

Terhadap harapan dari Pemkab dan DPRD Bengkalis, para anggota PAH II tersebut berjanji akan memperjuangkannya secara maksimal. ”Sebatas kewenangan yang dimiliki, kita akan meneruskan aspirasi tersebut,” jelas Instiawaty Ayus dan kawan-kawan senada.

Pada kesempatan tersebut, atas nama seluruh anggota DPD RI, seluruh anggota PAH II yang berkunjung ke Bengkalis juga meminta agar Pemkab, DPRD dan dan masyarakat kabupaten berjuluk Negeri Junjungan untuk mendukung proses penguatan peran dan fungsi DPD.

Terkait dengan harapan itu, baik Syamsurizal dan Bagus Santoso mengatakan bahwa Pemkab Bengkalis maupun DPRD mengatakan akan memberikan dukungan sepenuhnya supaya keberadaan, peran dan fungsi DPD setara dengan DPR RI.

”Kita sepenuhnya akan mendukung. Insya Allah, dukungan kita akan disampaikan secara tertulis,” terang Syamsurizal dan Santoso. Begitu pula seluruh tokoh masyarakat yang hadir. Semuanya menyatakan memberikan dukungan.

Sementara itu, ditemui usai dialog, Instiawaty Ayus mengatakan, sebelum berkunjung ke Kota Bengkalis, mereka terlebih dahulu melakukan kunjungan ke Kecamatan Mandau. ”Kita juga meninjau secara langsung pembangunan jalan Dumai-Sungai Pakning,” jelas Instiawaty Ayus, yang juga merupakan salah satu putri terbaik Bumi Lancang Kuning asal Kabupaten Bengkalis kelahiran Kecamatan Merbau.

Selain Bupati dan Wakil Ketua DPRD, sebagaimana dilaporkan Kabag Humas, Johansyah Syafri, turut hadir dalam pertemuan yang dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut Bengkalis itu, diantaranya Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria, Asisten I H Burhanuddin dan Asisten III H Umran serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bengkalis lainnya.

Posting Terkait