ONH Naik, Banyak JCH Pekanbaru Tunda Keberangkatan

PEKANBARU (RiauInfo) – Adanya kebijaksanaan pemerintah menaikan ongkos naik haji (ONH) tahun ini membuat banyak jemaah calon haji (JCH) dari Pekanbaru menunda keberangkatannya. Soalnya mereka tidak sanggup mencari tambahan uang untuk menutupi kenaikan ONH tersebut.

Sejumlah JCH Pekanbaru yang ditemui RiauInfo, Jumat (29/2) menyebutkan jika memang harus menambah lagi dari jumlah dana yang tersimpan di tabungan haji, kemungkinan terpaksa menunda keberangkatan. “Soalnya saya tidak sanggup menutupi kenaikan itu,” ujar Suparmi (55) salah seorang JCH.

Hal yang sama juga disampai Marnur (48) salah seorang JCH yang telah berencana akan berangkat naik haji tahun ini. Dia menyebutkan sudah menyiapkan dana jauh hari sebelumnya sesuai dengan ONH yang ditetapkan pemerintah. “Makanya kalau harus ada tambahan lagi, sulit bagi saya memenuhinya,” ungkapnya.

Terkait masalah ini, dia minta pemerintah untuk mencarikan jalan keluar untuk mengurangi beban yang harus ditanggung oleh JCH. “Misalnya saja pemerintah bisa mengurangi biaya-biaya yang dikeluarkan JCH untuk keperluan domestik,” tambahnyanya.

Soalnya menurut dia, sangat riskan jika orang-orang seperti dia yang sudah punya niat untuk berangkat haji tahun ini, tiba-tiba batal karena tidak sanggup mengeluarkan tambahan untuk ONH. “Makanya pemerintah harus bisa mencarikan jalan keluarnya,” jelasnya lagi.(Ad)

 

Rizki: