Namun Tak Terkait Ramalan Mama Laurent

689 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) meramalkan selama bulan April Riau memang akan terus dilanda hujan badai dan akan kencang. Namun kondisi ini tidak ada kaitannya dengan ramalan Mama Laurent yang bikin heboh masyarakat Riau itu.

Kepala Analisis BMG Pekanbaru Yohanes Drajat Bintoro kepada wartawan mengatakan, kondisi cuaca di wilayah Riau selama bulan April ini memang tidak menentu. Terkadang panas, terkadang datang hujan yang disertai angin kencang.

Yohanes mengatakan, ramalan yang disampaikan BMG ini tidak ada kaitannya dengan ramalan Mama Laurent. Sebab ramalan dari BMG berdasarkan data-data ilmiah yang diperoleh dengan mempergunakan peralatan berteknologi tinggi.

Dari data-data ilmiah itulah maka diketahui pada April ini akan ada peluang angin kencang dengan kecepatan berkisar 20 sampai 30 knot. Selain iyu berdasarkan analisis, di Riau akan terjadi konvergensi, atau perputaran arus angin.

Kondisi inilah yang akhir-akhirnya sering menimbulkan angin yang sangat kencang dan diiringi hujan yang sangat deras. “Curah hujan yang sangat tinggi terjadi di Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Sengingi dan kota Pekanbaru,” ujarnya.(Ad)

Posting Terkait