Musim Hujan Tekan Jumlah Karhutla di Riau

582 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Provinsi Riau kembali bebas dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Selasa (16/09) ini. Namun dua provinsi lain di Sumatera mulai mengalami Karhutla. Provinsi itu adalah provinsi Nangroe Aceh Darussalam dan provinsi Sumatera Selatan. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil rekaman satelit NOAA 18 mencatat sedikitnya ada 6 titik api menyala di pulau Sumatera. Dimana 4 titik Karhutla tersebar di wilayah provinsi Aceh dan 2 titik lagi terdapat di wilayah provinsi Sumatera Selatan.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, peluang hujan masih menjadi sebab utama penurunan titik Karhutla di provinsi Riau.

BMG mendapatkan hujan ringan dengan waktu yang relatif lama berpotensi terjadi pada malam hari ini di wilayah Riau. Padahal, temperatur udara siang tadi sedikit meninggi mencapai maksimum 32 Derjat Celcius melanda Riau. Luasnya peluang hujan di Riau menyusul musim hujan yang sedang terjadi saat ini.(Surya)



Posting Terkait