MUNCUL PELUANG HUJAN… Hutan dan Lahan Riau Bebas Dari Kebakaran

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan telah menyelamatkan wilayah Riau dari kebakaran hutan dan lahan. Meski tidak terlalu lebat, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru kembali mendapatkan peluang hujan masih ada di sejumlah daerah Riau pada sore atau malam ini. Sedangkan redamnya titik api hari ini dipicu oleh hujan yang terjadi pada malam atau dini hari tadi.

Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Marzuki mengatakan, peluang hujan dengan intensitas ringan dan sedang akan terkonsentrasi di wilayah Riau bagian Timur, tepatnya sekitar pesisir Riau. Sedangkan secara umum peluang hujan ada untuk semua daerah Riau.

“Dari pencitraan satelit, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, telah terjadi di pesisir Riau seperti di pesisir Inhil, Bengkalis, Dumai dan bagian Timur Riau lainnya. Berdasar satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18, titik api kebakaran hutan dan lahan tidak ada di Riau hari ini. Keadaan itu akibat adanya hujan pada malam atau dini hari tadi,”ungkap Marzuki kepada RiauInfo di Pekanbaru.

BMKG mendapatkan adanya perputaran angin yang menyebabkan pertumbuhan konvergensi awan. Sehingga peluang hujan mulai ada di wilayah Riau secara umum di Riau hari ini.(Surya)

Rizki: