Mulai 2009, Riau Gulirkan Program OPRM

516 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Mulai 2009 ini Provinsi Riau mulai menggulir program Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM). Untuk mendukung program yang bertujuan mewujudkan swasembada pangan tersebut, dibutuhkan dana sebesar Rp1,2 triliun.

“Untuk pelaksanaan program tersebut, kita akan butuh dana sebesar Rp 1,2 triliun,” ungkap Dinas Tahaman Pangan dan Holtikultura Riau, Basriman kepada wartawan di Pekanbaru. Menurut dia, program itu akan mulai digulirkan tahun 2009 ini.

Menurut Basriman, dana sebesar 1,2 triliun itu tidak sepenuhnya ditanggung oleh APBD Riau, melainkan akan ditanggung bersama oleh 9 kabupaten dan ditun jang Dana Sekosentrasi (Dekon) dan Tugas Perbantuan APPBN. “Jadi tidak seluruhnya berasal dari APBD Riau,” ungkapnya.

APBD Riau sendiri, menurut dia, hanya menanggung dana sebesar Rp420 miliar atau 35 persen saja. Sedangkan APBD 9 kabupaten sebanyak Rp480 miliar atau 40 persen. Selebihnya ditanggung oleh APBN sebesar Rp 300 miliar atau 25 persen.

Dia menyebutkan, dana sebesar itu akan digunakan untuk tiga program utama, yakni pemeliharaan 63 ribu hektar areal persawahan yang ada, kmerevilisasi 13 juta hektar sawah dan mencetak sawah baru seluas 18 ribu hektar.(ad)

Posting Terkait