Minggu Pembukaan Peparnas di Rumbai

PEKANBARU (RiauInfo) – PB Peparnas XIV Riau sudah menyiapkan rangkaian acara pembukaan event untuk kaum para (cacat) ini. Sekadar gambaran, acara pembukaan pesta multi event kaum paralampian ini secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan PON XVIII lalu. Seperti penyulutan api d kalderon, penaikan bendera dan beberapa pagelaran budaya.

Hanya saja, panitia memastikan tidak semeriah PON XVIII kemarin. Hal ini dilakukan karena mengingat waktu yang cukup sempit. Ketua PB Peparnas XIV 2012, Emrizal Pakis, Jumat (5/10), mengatakan, secara tentatif, draf pembukaan dan penutupan Peparnas XIV memang disamakan dengan PON XVIII.

“Kemungkinan tidak akan sebesar PON, namun tetap akan diupayakan semeriah mungkin,” kata Emrizal. Api Peparnas juga akan diambil dari minyak pertama Minas, Kabupaten Siak pada 7 Oktober 2012. Pengambilan api sendiri akan dilakukan Bupati Siak, Syamsuar. Kegiatan sendiri dimulai pada pukul 15.00 WIB.

Melalui Simpang Bingung Rumbai menuju Jalan Ahmad Yani, kemudian dilanjutkan ke Jalan Sudirman untuk dilakukan pengarakan keliling Kota Pekanbaru. Setelah itu baru dibawa ke lokasi pembukaan Peparnas XIV di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai.

Api tersebut nantinya akan dikirap berlari oleh salah satu atlet atletik Riau, yakni Martin Losu untuk selanjutnya diserahkan kepada sang penyulut api. Namun hingga saat ini belum ditetapkan siapa dan bagaimana proses penyulutan api tersebut. “Apakah nanti menggunakan panah atau dengan yang lainnya,” terangnya.

Selanjutnya, kata Plt Kadispora Riau ini, rentetan acara lainnya seperti PON lalu, di mana akan ada penaikan bendera dan pergelaran budaya. “Yang jelas free show akan dimulai dari pukul 15.00 WIB, kemudian main show sendiri akan dimulai pukul 19.00-20.45 WIB,” lanjutnya.

Lebih jauh dijelaskan Emrizal, setelah main show juga akan ada acara hiburan yang melibatkan artis dan band lokal serta beberapa artis ibukota. “Seperti Sagu band, Marakarma, kemudian ada Ike Nurjanah dan Charly Setia Band,” sebutnya.

Namun yang sedikit beda, akan ada penampilan dari penyanyi yang juga merupakan paralympian Riau membawakan sebuah nyanyi nantinya. “Belum bisa kita beritahukan, namun dia cukup bagus dan pernah tampil di beberapa acara besar,” katanya.

Untuk sisi lighting (pencahayaan), PB Peparnas hanya mengandalkan tampilan dengan pagelaran budaya. Tidak ada lighting khusus untuk acara ini. Seperti diketahui, Peparnas XIV akan dibuka oleh Wakil Presiden Boediono pada 7 Oktober 2012 di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, sebanyak 2000an peserta akan turun pada Peparnas kali ini.
Sementara untuk jumlah atlet sebanyak 1450 atlet plus offisial 500an orang. (Saf)

Rizki: