Minat PNS di Riau Lanjutkan Pendidikan Rendah

579 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Prinsip para PNS di Pemprov Riau ini memang tidak patut ditiru. Masak, hanya karena merasa penghasilan tambahan bakal berkurang, mereka tidak berminat untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Padahal dengan melanjutkan pendidikan karier mereka dipastikan akan naik. 

Kepala Badan Administrasi dan Diklat Pegawai (BADP) Drs M Ramli Walid dalam keterangannya di Pekanbaru mengaakui merasakan sekali minat PNS di lingkungan Pemprov Riau untuk melanjutkan pendidikannya masih sangat rendah. “Dugaan saya, karena mereka merasa penghasilan tambahannya bakal berkurang selama menjalani pendidikan,” jelasnya.

Mereka yang tetap bertugas di Riau tentunya akan mendapatkan cukup banyak fasilitas terutama
dalam dua tahun terakhir ini. Selain adanya tunjangan jabatan untuk para pejabat eselon, ada juga tunjangan transportasi dan tunjangan kemahalan. Sedangkan mereka yang mengikuti pendidikan, baik di luar Riau maupun hingga ke luar negeri, hanya mendapatkan gaji plus biaya kuliah sehari-hari yang menjadi tanggungan Pemprov Riau.

Akibatnya, minat PNS untuk mengikuti pendidikan lanjutan tidak begitu baik dalam dua tahun terakhir. Apalagi tunjangan kemahalan yang diterima PNS Pemprov Riau dalam beberapa waktu
belakangan sangat tinggi. PNS non struktural saja mendapatkan tunjangan ini bisa mencapai Rp2 juta perbulan.

Menurut Ramli, tidak semua alasan tidak mendapatkan dana dan kesejahteraan itu yang menjadikan banyak PNS yang enggan melanjutkan pendidikannya. Menurutnya, PNS yang akan melanjutkan pendidikan biasanya merupakan mereka yang sudah siap dalam mengkonsolidasi keluarga.

Biasanya, PNS yang sudah cukup mampu melakukan konsolidasi keluarga, seperti anak-anak sudah
mulai sekolah, dan biaya memadai, barulah mereka akan sekolah. Untuk saat ini kemungkinan banyak yang merasa belum cukup konsolidasinya. Makanya ada sedikit pengurangan mereka yang melanjutkan pendidikan,” ujar Ramli.

Dia mengatakan, Pemprov Riau selalu menyediakan bea siswa kepada PNS yang mau melanjutkan
pendidikan baik ke jenjang S2 maupun S3. Mengenai apakah mereka enggan untuk melanjutkan pendidikan karena tak mendapatkan berbagai tunjangan, pihaknya tak tahu. Namun menurutnya,
seharusnya beberapa tunjangan yang melekat seperti tunjangan kemahalan, sebaiknya memang
dibayarkan.(Ad)

Posting Terkait