Meski Temperatur Tinggi, Riau Bebas Dari Titik Api

528 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Provinsi Riau terbebas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada Sabtu (27/02/10) ini. Padahal, cuaca cerah berawan dengan temperatur maksimum mencapai 34,1 derjat celsius mewarnai Riau sepanjang siang tadi. Namun, satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) tidak mengkap satu titik karhutla pun di Riau.

Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru melaporkan, cuaca cerah berawan tersebut lebih dipengaruhi oleh gejala pemansan lokal di Riau. Sedangkan peluang hujan masih ada pada malam dan dini hari nanti.

“Peluang hujan masih tetap ada di Riau bagian Barat, bagian Tengah dan Selatan. Hujan dengan intensitas ringan dan sedang, hanya bersifat lokal. Konvergensi awan yang rawan hujan berkurang. Keadaan itu dipengaruhi oleh pergerakan angin. Umumnya angin bertiup lebih dominan dari arah Barat Laut ke Timur Laut, kecepatannya berkisar 5 hingga 25 kilometer per jam,”terang kepala kantor BMKG Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Warih kepada RiauInfo.

Mulai menipisnya peluang hujan tersebut di Riau, BMKG menilai masih besar peluang pertumbuhan titik kebakaran hutan dan lahan ke depan. Sehingga, Riau diperkirakan akan rawan kebakaran hutan dan lahan meskipun hari ini tidak terdapat satupun titik api.(Surya)

Posting Terkait