Meski Harga Mulai Turun, Pembeli Kacang Kedelai Tetap Sepi

637 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Setelah sempat tembus harga Rp 8 ribu per kg, kini harga kacang kedelai di tingkat glosir di Pekanbaru mulai menunjukkan penurunan. Meskipun demikian tingkat penjualan tetap rendah karena sepinya pembeli.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan RiauInfo, Kamis (3/4) di sejumlah pasar di Pekanbaru, harga kacang kedelai saat ini sudah berkisar antara Rp7.500 hingga Rp7.400 perkilogram. Harga ini sebenarnyaya masih di atas harga normal dulu yang hanya Rp4.000 perkilogram.

Mansyur (48) salah seorang pedagang glosir kacang kedelai mangatakan, meskipun harganya sudah berangsur turun, namun pembelinya masih sepi. Jika dulu sehari dia bisa menjual sampai 15 karung, namun kini hanya mampu menjual 3-4 karung sehari.

Dia menyebutkan, sepinya pembeli kacang kedelai ini disebabkan banyaknya usaha pembuatan tempe dan tahu di Pekanbaru mengalami gulung tikar akibat kenaikan harga kacang kedelai ini. “Selain itu juga disebabkan penurunan harga tidak terlalu jauh dari harga tertinggi,” tambahnya.

Mansyur memperkirakan jika harga kacang kedelai nantinya bisa turun sampai dibawah Rp5 ribu perkilogram, dipastikan pembelinya akan kembali banyak. “Tampaknya dengan harga sekarang para pengusaha tempe dan tahu masih berfikir lagi untuk melanjutkan usahanya,” jelasnya lagi.(Ad)

 

Posting Terkait