MESKI CUACA CERAH… Wilayah Riau Nihil Kebakaran Hutan dan Lahan

559 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Cuaca cerah berawan dan temperatur tinggi maksimum 32,5 Derjat Celsius tidak serta merta menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Provinsi Riau, Rabu (25/02/2009) ini. Berdasar data satelit NOAA 18, BMG Stasiun Pekanbaru melaporkan wilayah Riau bebas dari karhutla. Kondisi itu dinilai akibat masih lembabnya sejumlah lahan yang telah dikunjungi hujan sejak tiga hari terakhir. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru mendapatkan peluang hujan masih meluas dan merata di sejumlah wilayah Provinsi Riau. Umumnya peluang hujan terjadi pada malam hari ini.

Intensitas hujan juga dinilai berbeda-beda di berbagai wilayah Riau. Seperti wilayah Riau bagian Barat, Tengah dan Riau bagian Selatan tercatat sebagai wilayah yang mempunyai peluang hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Sementara, peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, terdata luas terjadi di wilayah Riau lainnya. Staf analisa Marzuki mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu mengatakan, peluang hujan merupakan gejala musim hujan yang memang terjadi pada bulan ini di Riau.

“Normal cuaca Riau memang masih musim hujan pada bulan ini. Cuaca panas beberapa pekan silam karena ada gangguan di sejumlah daerah yang menghalau pembentukan awan di Riau dan Sumatera secara umum,”ungkap staf analisa BMG Ardhitama menambahkan.(Surya)

 

Posting Terkait